Cara Belajar Chord Gitar Untuk Pemula

Cara belajar chord gitar bagi pemula, mungkin itu kata yang tepat untuk memulai artikrl ini. Alat musik petik yang satu ini memang sudah sangat familiar karena hampir setiap musik yang di buat tentunya tidak melewatkan gitar sebagai instrumen pembentuk musik tersebut. Gitar sendiri merupakan alat musik petik yang terdiri dari 6 senar yang mana setiap senar memiliki nadanya tersendiri. Untuk dapat memainkan gitar memang dapat dikatakan susah-susah gampang, yang penting memiliki tekad dan juga semangat untuk mau belajar. Gitar memiliki banyak chord atau kunci yang berfungsi untuk membentuk sebuah nada. Setiap jenis musik memiliki kombinasi chord yang berbeda-beda, misalnya saja musik pop yang memiliki kombinasi chord yang sederhana seperti Em C G D. Berbeda sekali dengan kombinasi musik jazz yang sangat banyak dan juga ribet. Namun untuk belajar gitar bagi pemula tentunya tidak perlu dulu memikirkan kombinasi-kombinasi tersebut, cukup fokus untuk belajar bagaimana cara memainkan chord untuk membentuk nada-nada yang indah.

Seperti yang sudah di singgung pada paragraf pertama bahwa untuk dapat mahir memainkan chord-chord gitar sebenarnya yang paling dibutuhkan adalah tekat dan kemauan untuk bisa. Untuk mulai belajar memainkan chord gitar pertama siapkan gitar terlebih dahulu. Setelah itu carilah posisi yang paling nyaman dalam memegang gitar tersebut. Posisi yang paling nyaman dapat dilihat pada gambar dibawah dimana posisi tersebut merupakan posisi standar paling nyaman sehingga jari mudah untuk memainkan chord.


Belajar bermain gitar untuk pemula
Cara Belajar Chord Gitar Untuk Pemula

Belajar Chord dan Kuci Lagu


Setelah mendapatkan posisi yang nyaman selanjutnya sudah bisa dilanjutkan dengan mulai belajar memainkan chord lagu. Gunakan tangan kanan sebagi pemetik dan tangan kiri sebagai tangan yang digunakan untuk menekan senar gitar hingga membentuk chord-chord lagu. Namun jika anda seorang kidal tentunya posisi ini dapat dibalik dimana tangan kanan bisa digunakan untuk menekan senar dan tangan kiri untuk memetik senar gitar. Chord yang paling pertama akan dipelajari adalah chord dasar Major dan juga Minor.  

Kunci chord Major
Kita memulai dengan mempelajari kunci dasar major dimana dari gambar di bawah berikut kita dapat melihat ada susunan chord dari A, B, C, D, E, F, dan G.

cara cepat belajar main gitar begi pemula
Chord Gitar Major


Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa setiap garis vertikal dari atas ke bawah merupakan gambaran dari senar gitar. Dimana dari kiri ke kanan yang berarti garis paling kiri merupakan senar 6, sedangkan garis disampingnya adalah senar 5 lalu 4, 3, 2 hingga senar 1. Sedangkan bulatan titik hitam merupakan senar yang harus di tekan atau di pencet. Lalu gambar o dan x yang ada di atas merupakan senar yang harus dipetik dan tanda x merupakan senar yang tidak perlu di petik. Nomor 1, 2 dan 3 yang ada di bawah merupakan jari yang harus digunakan jadi nomor 1 adalah jari telunjuk sedangkan nomer 2 adalah jari tengah lalu nomer 3 adalah jari manis.  Jika masih bingung masalah penomoran jari anda bisa melihat gambar berikut agar lebih jelas.

Belajar bermain gitar dengan cepat bagi pemula
Posisi Jari

Jika semua penjelasan sudah jelas anda dapat mulai belajar memainkan chord-chord gitar tersebut mulai dari kunci A hingga kunciG. Jika anda memang baru pertama kali belajar bermain gitar pastinya akan terasa sulit, akan tetapi usahakanlah untuk tetap fokus. Jika mungkin penjelasan gambar chord masih belum jelas penjelasan gambar tiap chord dengan menggunakan jari mungkin akan lebih memperjelas.

Kunci A major
Chord A Major

Chord bisa dibentuk dengan menekan senar 2,3 dan 4 pada freet 2. Gunakan jari telunjuk untuk menekan senar 4, jari tengah untuk senar 3 dan jari manis untuk senar 2. Dengan posisi tersebut anda sudah mendapatkan sebuah chord yang disebut sebagai chord A

Kunci B Major
Chord B Major

Chord atau kunci B dapat dibentuk dengan menekan senar 1,2,3 dan 4. Untuk senar satu pada freet 1 bisa ditutup atau di tekan menggunakan jari telunjuk, sedangkan untuk senar 4 gunakan jari tengah lalu senar 3 gunakan jari manis dan senar 2 dengan jari kelingking.

Kunci C Major
Chord C Major

Chord C bisa dikatakan chord standar yang paling sering digunakan. Untuk membuat chord ini gunakan jari nomor 2 atau jari manis untuk menekan senar 5 pada freet 3 sedangkan jari telunjuk gunakan untuk menekan senar 4 lalu jari telunjuk dapat digunakan untuk menekan senar 2 pada freet pertama.
Kunci C Major
Chord D Major

Chord yang selanjutnya adalah chord atau kunci D. Kunci ini menggunakan kombinasi jari telunjuk pada senar 3 dengan menggunakan jari telunjuk, lalu gunakan jari manis untuk menekan senar 2 dan senar 1 bisa ditekan menggunakan jari tengah.

Kunci E Major
Chord E Major

Setelah mempelajari 4 chord sebaiknya istirahat dahulu pastinya jarinya sudah lelah dan pastinya sudah terasa sakit. Nah jika sudah ngopi-ngopi dan beristirahat saatnya untuk melanjutkan ke chord berikutnya yaitu chord E. Chord ini membutuhkan jari telunjuk untuk menekan senar tiga pada freet pertama, lalu senar 5 pada freet ke 2 dapat di tekan menggunakan jari tengah dan yang terakhir gunakan jari manis pada senar 4.

Itu adalah ke tujuh chord dasar dari chord major yang tentunya merupakan kunci dasar yang wajib untuk diketahui. Setelah mengetahui tentang kunci Major kita akan melanjutkan pelajaran chord gitar untuk pemula ke kunci yang berikutnya yaitu chord minor. 

Kunci Chord Minor
Pada dasarnya sama saja bagaimana cara memainkan chord minor dengan chor major namun tentu saja senar yang harus di tekan berbeda untuk stiap kuncinya. Di bawah ini adalah berbagai kunci dasar minor yang mana cara menekanya dan jari yang digunakan sama saja dengan kunci major, anda tinggal melihat senar mana saja yang ditekan, lalu pada freet berapa dan dengan menggunakan jari apa saja

Kunci Gitar Minor
Kunci Minor


Bagaimana susah-susah gampang bukan cara chord gitar. Jika anda sudah menguasai beberapa chord anda bisa melanjutkan dengan mulai mengulik chord lagu-lagu yang gampang yang hanya memiliki 3 atau 4 chord saja dan juga cari lagu yang  familiar agar tidak terasa membosankan dan lebih menyenangkan. Pada awalnya memang akan susah belajar bermain gitar belum lagi ditambah ujung jari yang sakit karena belajar memainkan chord. Namun percayalah jika anda memang benar-benar serius maka dalam waktu seminggu anda sudah dapat memainkan satu buah lagu sederhana.

Berikut adalah Video Cara Belajar Chord Gitar Untuk Pemula



Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Belajar Chord Gitar Untuk Pemula"

  1. Apabila penempatan jari tidak sama?
    Apakah saya harus merubah kebiasaan tersebut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya jika sobat sudah biasa menggunakan penempatan jari yang berbeda tidak apa2, penempatan jari tersebut hanya untuk memperlihatkan bagaimana cara yang paling baik sola penempatan jari jadi jika sobat sudah memiliki penempatan sendiri bukanlah sebuah masalah dan tidak perlu untuk dirubah

      Hapus
  2. Menerima panggilan permainan Solo Gitar pop untuk :
    -Event
    -Party
    -Wedding
    -Reguler
    -Etc

    Siap melayani privat gitar untuk anak-anak hingga dewasa,Guru siap datang kerumah Sejabodetabek.

    Siap Audisi untuk Solo Gitar di Bar Cafe/Resort/Hotel/dll
    Pengalaman Kerja (CV) siap dikirim melalui Email

    Demo Permainan "Youtube"
    Dengan keyword : Erik Chairianda

    Untuk Tarif dapat disesuaikan
    Silahkan Sms/Telp/BBM untuk Konsultasi lebih jelas dan detail.
    Telp/sms: 08159252005 / 081213068168
    BBM 5240B441

    Best Regards
    Chairianda-The Best Profesional Finger Style

    BalasHapus
  3. Menerima panggilan permainan Solo Gitar pop untuk :
    -Event
    -Party
    -Wedding
    -Reguler
    -Etc

    Siap melayani privat gitar untuk anak-anak hingga dewasa,Guru siap datang kerumah Sejabodetabek.

    Siap Audisi untuk Solo Gitar di Bar Cafe/Resort/Hotel/dll
    Pengalaman Kerja (CV) siap dikirim melalui Email

    Demo Permainan "Youtube"
    Dengan keyword : Erik Chairianda

    Untuk Tarif dapat disesuaikan
    Silahkan Sms/Telp/BBM untuk Konsultasi lebih jelas dan detail.
    Telp/sms: 08159252005 / 081213068168
    BBM 5240B441

    Best Regards
    Chairianda-The Best Profesional Finger Style

    BalasHapus
  4. Selain dari crod E,major E,minor..crod (E) ape lagi yang masih ade...sesiapa boleh tolong ajar saya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak gan hehehe, belajar aja sama teman yang bisa main gitar gan

      Hapus