Manfaat Daun Jarak Untuk Wajah

Seperti halnya tumbuhan lainya, tumbuhan jarak tentunya juga memiliki banyakmanfaat yang bagi kita. Sebelum masuk pada manfaat daun jarak untuk wajah, mari kita sedikit mempelajari mengenai tumbuhan jarak ini. Tumbuhan yang termasuk dalam tanaman perdu ini memiliki ciri-ciri daun tunggal antara 7 - 9 dengan diameter 10-40 cm. Tumbuhan jarak memiliki bentuk batang yang licin, berongga, berbuku-buku dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Tumbuhan jarak memang sudah sejak jaman Jepang di budidayakan . Sepertinya memang sejak jaman dahulu bangsa Jepang sudah berpikiran untuk menggunakan tanaman ini sebagi biodisel. Namun terlepas dari fungsinya yang dapat digunakan sebagai biodisel, tanaman ini tentunya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

manfaat daun jarak
Manfaat daun jarak

Berbagai Kandungan yang Terdapat di Tanaman Jarak

Tanaman jarak memiliki beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya antara lain :

  • Senyawa kaemfestrol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol yang terkandung dalam daun jarak.
  • flavonoid, dan saponin serta jatrophie yang memiliki sifat anti jamur yang banyak terkandung di dalam getah tanaman jarak.
  • Nitrogen, fostat dan kalium yang terkandung pada bagian ampas dari biji jarak.
  • Tanin, malam, resin dan saponin yang terkandung di dalam batang tanaman jarak.
  • B-Glukanase yang terkandung di dalam biji tanaman jarak yang mana kandungan ini memiliki khasiat sebagai antikanker.

Manfaat Jarak Bagi Kesehatan

Setelah kita mengetahui kandungan yang terdapat di dalam buah jarak selanjutnya mari kita lihat apa saja manfaat yang dapat diberikan dai tanaman jarak ini.

Mengatasi Gigi Berlubang
Tanaman jarak dapat dimanfaatkan sebagi obat untuk mengatasi gigi yang berlubang. Getah dari tanaman jarak memiliki sifat anti mikroba yang dapat mengusir bakteri seperti staphylococcus, streptococcus dan juga escherechia coli sehingga dapat digunakan untuk mengatasi gigi yang berlubang. Untuk dapat mengatasi gigi yang berlubang cukup mengambil getah tanaman jarak menggunakan kapas, kemudian dapat di tempelkan pada gigi yang berlubang. (Hariyono dan Soenardi, 2005).

Mengobati Sariawan
Sama halnya dengan mengatasi gigi yang berlubang, getah tanaman jarak juga dapat digunakan untuk mengatasi sariawan. Caranya dengan mematahkan tangkai dari pohon jarak yang baru dipetik sehingga keluar sedikit getah, nah getah itulah yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan. (Ditjenbun, 2007).

Mengatasi Radang Telinga
Selain dapat digunakan untuk mengatasi sariawan dan juga gigi berlubang, tanaman jarak juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang telinga. Radang telinga merupakan penyakit yang terjadi akibat infulensa yang mendadak yang terjadi dengan tanda naiknya suhu badan, sakit dalam telinga, sedikit susah mendengat dan telinga menjadi berdengung. Untuk mengatasinya menggunakan tanaman jarak caranya dengan mengambil setengah sendok makan getah jarak lalu teteskan sebanyak 6 tetes, dan sehari boleh dilakukan sebanyak 6 kali.

Mengatasi Keputihan Pada Lidah Bayi
Biasanya pada bayi yang menyusui sering terdapat keputihan yang menempel pada bagian langit-langit lidah. Hal tersebut akan membuat bayi malas untuk meyusui dan membuat berat badanya turun. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan getah daun jarak. Duan jarak yang baru dipetik biasanya akan mengeluarkan getah pada bagian tangkai daunya. Nah getah yang keluar dari tangkai daun tersebut dapat digunakan untuk mengoles lidah bayi dan keputihan tersebut akan keluar bersama dengan air liur.

Mengatasi Susah Buang Air Besar
Tanaman jarak juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi susah buang air besar. Cara menggunakan jarak untuk mengatasi susah buang air besar cukup mudah yaitu petik 4 helai daun jarak yang masih segar lalu cuci hingga bersih. Setelah itu kukus daun jarak tersebut hingga layu dan makan daun tersebut selama 7 hari berturut-turut maka sembelit akan hilang.

Mengatasi Perut Kembung
Tidak hanya mengtasi susah buang air besar saja, tanaman jarak juga dapat digunakan untuk mengatasi perut kembut dan juga masuk angin. Ambil beberapa lembar daun jarang yang agak tua. Setelah itu siangi di atas api agar layu dan olesi minyak kelapa, minyak telon atau minyak kayu putih. Setelah itu tempelkan pada perut dan juga pinggang. Biarkan beberapa jam, dan pastinya langsung dapat dirasakan hasilnya dengan terjadinya pembuangan gas dan juga zat yang tidak berguna dari dalam perut.

Mengatasi Luka dan Pendarahan
Luka atau pendarahan yang terjadi dapat kita hentikan menggunakan getah tanaman jarak, hal ini dikarenakan tanaman jarak mengandung anti mikoroba seperti bethadine yang dapat mengusir infeksi atau bakteri staphylococcus, strptococcus, dan escherichia coli.

Sebagai Obat Rematik
Ternyata jarak juga dapat digunakan sebagi obat rematik yang cukup ampuh. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil daun tanaman jarak yang tua lalu dicuci hingga bersih dan selanjutnya ditumbuh halus. Lumuri pada bagian yang terkena rematik atau juga terkena exim, gatal dan sebagainya. Atau dapat juga di kompres dan biarkan selama beberapa jam lalu dapat anda ganti dengan yang baru.

Itulah beberapa manfaat daun jarak yang tentunya sangat berguna bagi kita. Banyak sekali tanaman di sekitar kita yang memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan. Untuk itu jika kita dapat memanfaatkan tumbuhan dengan bijak maka hal tersebut akan lebih baik karena yang alami tentunya lebih aman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Jarak Untuk Wajah"

Posting Komentar