Daftar Gempa Dahsyat yang Pernah Melanda Indonesia

Daftar Gempa Dahsyat yang Pernah Melanda Indonesia - Beberapa minggu belakangan ini negri kita yang tercinta sedang di landa musibah berupa gempa bumi yang mengguncang Lombok dan sekitarnya. Gempa yang dahsyat ini mampu membuat kerusakan di beberapa tempat hingga mengakibatkan banyak korban jiwa yang meninggal. Bahkan hingga saat ini masih terjadi gempa gempa susulan yang masih mengancam jiwa saudara-saudara kita yang berada di lombok. Gempa yang terjadi ini juga menguji kesetiakawanan kita sebagai saudara sebangsa dimana banyak sekali masyarakat Indonesia dari berbagai daerah yang secara sukarela memberikan sumbangan dan banyak juga yang langsung terjun ke lokasi gempa untuk membawakan bantuan secara langsung.
Daftar Gempa Dahsyat yang Pernah Melanda Indonesia

Gempa yang mengguncang lombok dapat dikatakan cukup dahsyat mengingat efeknya yang dahsyat yang mampu menghancurkan banyak bangunan dan rumah ibadah. Namun Indonesia juga pernah mengalami guncangan gempa yang tidak kalah dahsyatnya dengan yang terjadi di Lombok. Berikut daftarnya :

1. Gempa Meulaboh, Aceh, 9.1 Magnitudo (Minggu, 26 Desember 2004)
Gempa dahsyat yang pertama pernah mengguncang Indonesia tepatnya di Meulaboh Aceh dengan kekuatan 9,1 Magnitudo yang mengguncang dasar laut barat daya sumatra, sekitar 20-25 km lepas pantai. Gempa ini menghasilkan gelombang tsunami dengan ketinggian mencapai 30 meter. Akibat guncangan gempa yang menghasilkan gelombang tsunami tesebut, lebih dari 230 ribu nyawa melayang. Banyak pemukiman yang hilang tersapu gelombang dahsyat sehingga kejadian tersebut tercatat sebagai salah satu bencana alam paling mengerikan di sepanjang sejarang Indonesia.

2. Gempa Sinabang, Aceh , 8.6 Magnitudo (Rabu, 11 April 2012)
Pada urutan ke dua masih terjadi di daerah sumatera, dimana gempa berkekuatan 8.6 Skala Ritcher dengan kedalaman 22,9 km kembali terjadi. Pusat gempa Berada 500 Km dari kota Banda Aceh. Akibat dari gempa ini 5 orang tewas

3. Gempa Singkil, Aceh, 8.6 Magnitudo (Senin, 28 Maret 2005)
Pada hari senin, 28 Maret 2005 terjadi gempa yang cukup dahsyat yang kembali mengguncang kawasan Singkil, Aceh. Gempa yang terjadi memiliki kekuatan 8.6 Magnitudo yang berada pada kedalaman 30 km di bawah permukaan Samudra Hindia. Gempa yang terjadi juga sempat memunculkan peringatan akan terjadinya tsunami, namun hal tersebut tidak sampai terjadi.

4. Gempa Bengkulu, 8.5 Magnitudo (Rabu 12 September 2007)
Pada urutan ke empat ada gempa yang mengguncang kawasan Bengkulu dan sekitarnya. Gempa ini memiliki kekuatan sebesar 8.5 Magnitudo dengan pusat gempa berada 105 km lepas pantai Sumatra. Gempa tersebut diikuti oleh beberapa gempa susulan yang memiliki kekuatan sebesar 5.3 dan 5.0 magnitudo. Akibat dari gempa ini, sebanyak 13 orang meninggal dunia, 109 unit rumah rusak total, 894 unit rumah rusak ringan dan 13 kantor bangunan pemerintah roboh dan rusak berat. Banyak juga bangunan sekolah yang rusak. Peringatan tsunami juga sempat muncul namun akhirnya dicabut.

5. Gempa Tual Maluku, 8.5 Magnitudo (Selasa 1 Februari 1938)
Setelah urutan pertama sampai ke 4 terjadi di pulau sumatera, kini pada urutan ke 5 bergeser ke kawasan timur Indonesia. Pada hari selasa 1 Februari 1938 di daerah sekitar laut banda yang terletak di kepulauan maluku diguncang gempa berkekuatan 8.5 Magnitudo. Sempat terjadi gelombang tsunami yang mengakibatkan banyak kerusakan dan rumah-rumah yang hancur.

6. Gempa Biak Papua, 8.2 Magnitudo (Sabtu 17 Februari 1996)
Masih berada di Kawasan Indonesia Bagian timur, Pulau Biak dan sekitarnya diguncang gempa dengan kekuatan 8.2 magnitudo. Pusat gempa berada pada 101 kilometer timur laut Biak Utara dengan guncangan yang terjadi hingga 10-15 menit. Gempa ini mengakibatkan gelombang tsunami setinggi 4 meter di Manokwari dan sekitar 7 meter di Biak Utara. Gempa ini juga mengakibatkan 108 orang meninggal dunia dan 423 orang luka-luka. 52 dua orang juga dikabarkan hilang dan 4.053 rumah dikabarkan hancur. Getaran yang dihasilkan gempa ini juga dapat di rasakan di berbagai tempat seperti Serui, Biak Numfor, Kebupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Manokwari.

7. Gempa Ambon Maluku, 8.2 Magnitudo (Minggu 24 Januari)
Urutan ke 7 ada gempa yang mengguncang kawasan Maluku pada minggu 24 Januari. Gempa yang terjadi berkekuatan 8.2 Magnitudo dan mengakibatkan sebanyak 71 orang meninggal dunia. Selain itu juga gempa ini mengakibatkan tsunami setinggi 4 meter

8. Gempa Gorontalo, 8.1 Magnitudo (Jumat 22 Desembar 1939)
Pada tahun 1939 pernah terjadi gempa bumi yang cukup dahsyat yang mengguncang kawasan gorontalo dengan kekuatan 8.1 magnitudo. Gempa ini juga memicu terjadinya tsunami di pesisir selatan gorontalo.

Itu dia daftar gempa dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia berdasarkan tingkat magnitudonya. Pastinya setiap bencana yang terjadi adalah teguran yang harus bisa kita ambil hikmahnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Gempa Dahsyat yang Pernah Melanda Indonesia "

Posting Komentar