Bahaya Menggunakan Sepatu Sempit

Bahaya Menggunakan Sepatu Sempit - Siapa sih yang tidak pernah menggunakan sepatu yang kesempitan? Menurut saya hampir semua orang pernah merasakan yang namanya sepatu kesempitan. Entah karena kaki kita yang bertambah besar, atau juga karena kita meminjam sepatu teman kita atau mungkin juga seperti yang pernah saya alami, dimana saya tau kalau sepatu yang saya beli itu sempit, akan tetapi karena warna dan modelnya saya suka makanya tetap saja dibeli walaupun sempit. Menggunakan sepatu yang kesempitan memang sangat tidak nyaman apalgi tidak menggunakn kaos kaki, pasti akan lebih tidak menyenangkan lagi dan biasanya akan mengakibatkan kaki kita lecet. Akan tetapi selain itu ternyata penggunaan sepatu yang kekecilan atau sempit ternyata memiliki dampak jangka panjang yang buruk bagi kaki kita. Nah apa saja dampak atau bahaya menggunakan sepatu sempit. Ini dia bahaya menggunakan sepatu sempit.

Bahaya Menggunakan Sepatu Sempit

  1. Penebalan Kulit (Kapalan). Salah satu dampak dari menggunakan sepatu yang kesempitan adalah kapalan. Kapalan adalah penebalan kulit yang terjadi akibat adanya penekanan yang terjadi terus-menerus pada kulit. Jadi bagi anda yang tidak ingin kakinya kapalan gunakanlah ukuran sepatunya yang pas.
  2. Bunion. Dampak yang kedua dari bahaya menggunakan sepatu sempit adalah bunion. Bunion adalah pembesaran atau penonjolan tulang di pangkal jempol kaki. Sejalan dengan pertumbuhan bunion, ibu jari bergeser menuju jari kedua dan timbul pembengkakan serta nyeri saat mengenakan sepatu. 
  3. Hammer Toe ( Jari Palu). Dampak selanjutnya dari bahaya saat menggunakan sepatu sempit adalah hammer toe. Hammer toe (jari palu) terjadi ketika jari kaki terjepit sepatu yang sempit sehingga tidak dapat lurus. Persendian jari menekuk dan jika anda mengenakan sepatu ketat, maka jari tersebut akan tergesek pada permukaan dalam sepatu dan menimbulkan nyeri dan lama kelamaan dapat tumbuh kapalan selain itu otot-otot jari akan melemah. 
  4. Jari Bersilang. Dampak keempat yang dapat terjadi jika menggunakan sepatu sempit adalah jari bersilang. Jari bersilang ini terjadi akibat jari-jari kita berdesakan dalam sepatu yang sempit. Dan akibat penekanan yang terjadi terus menerus saat menggunakan sepatu sempit, jari kedua dan ketiga bergeser ke atas ibu jari.
  5. Kelainan Pertumbuhan Kuku Jari. Dampak yang terakhir dari penggunaan sepatu yang sempit adalah kelainan kuku jari yang dapat berupa pertumbuhan kuku ke arah dalam. Kelainan arah pertumbuhan kuku ini sering terjadi akibat memotong kuku terlalu pendek terutama dibagian tepi jari. Ditambah dengan penggunaan sepatu yang sempit maka akan membuat pertumbuhan kuku jari. 

Nah itulah beberapa bahaya menggunakan sepatu sempit yang dapat menimpa kita. Untuk itu ada baiknya kita mulai menghindari menggunakan sepatu yang sempit. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat  bagi kita semua. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bahaya Menggunakan Sepatu Sempit"