Beberapa Brand Indonesia yang Disangka Brand Luar Negeri

BeberapaBrand Indonesia yang Disangka Brand Luar Negeri  - Terkadang saat akan membeli sebuah barang, kita akan cenderung melihat brand atau merek dari barang tersebut. Banyak juga yang akan lebih memilih brand yang berasal dari luar negeri dibanding dengan brand atau merek dari Indonesia sendiri. Akan tetapi yang unik disini adalah ternyata ada beberapa merek atau brand yang berasal dari Indonesia tapi dianggap atau disangka merupakan bran atau merek dari luar negeri. Nah kira-kira apa saja sih brand merek Indonesia yang disangka atau dikira brand atau merek dari luar negeri.

1. Lea
Dari nama dan logo sudah pasti orang-orang akan menyangka kalau merek yang satu ini adalah brand atau merek yang berasal dari luar negeri. Warna merah biru dengan bintang dan paruh elang tersebut sangat menggambarkan negara paman sam. Akan tetapi sebenarnya ini adalah produk Indonesia yang berdiri sejak 1979. Untuk masalah model dan kualitas, Lea tidak perlu diragukan lagi. Brand atau merek ini memang dibuat dengan standar kualitas ekspor. Jadi anda harus bangga ya kalau menggunakan merek yang satu ini.




2. J.CO Donuts and Coffe
Brand yang  sudah sering menjadi tempat nongkrong di mall ini berdiri pada tahun 2005 dengan pemilik bernama Johhny Andrean. Outlet pertama J.CO buka di supermall Karawaci. J.CO sendiri mengandalkan racikan donat dan kopi berkualitas internasional. J.CO juga bahkan telah memiliki cabang di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Philadelpia dan Cina. 


3. Maspion
"Cintailah Produk-Produk Indonesia". Pastinya anda semua sudah pernah mendengar kata-kata tersebut. Yup kalimat yang Keluar pada iklan maspion ini memang bertujuan mengajak agar kita lebih mencintai produk-produk Indonesia. Maspion adalah satunya. Maspion memang merupakan perusahaan lokal yang terkenal dengan produk-produk elektroniknya mulai dari setrika, blender, kipas angin dan juga AC. Perusahaan ini berpusat di Surabaya dan sudah memulai bisnisnya dari tahun 1960an dengan fokus untuk menghasilkan alat-alat rumah tangga.


4. Polygon
Berbicara mengenai sepeda, pastinya merek yang satu ini juga sudah cukup terkenal di Indonesia. Ternyata merek ini sendiri merupakan merek asal Indonesia dan berlokasi di Sidoarjo Jawa Timur. Beberapa sepeda yang dihasilkan merek ini seperti sepeda gunung, sepeda mini, sepeda BMX sampai sepeda lipat. Ternyata memang pemilik polygon sendiri memilih untuk menjual sepedanya di luar negeri terlebih dahulu lalu kemudian di jual di dalam negeri. Hal ini karena orang Indonesia lebih cenderung memilih produk luar negeri dibanding merek dari negeri sendiri.


5. Polytron
Merek ini juga merupakan salah satu merek elektronik Indoesia yang sudah cukup populer. Mulai dari TV, radio , tape dan alat elektronik lainya. Pasti masih banyak dari kalian yang tidak mengira kalau polytron ini adalah merek dari negeri kita sendiri. Perusahaan polytron ini memiliki pabrik di daerah Kudus dan Semarang. Barang-barang yang dihasilkan oleh Polytron sendiri dapat dijamin kualitasnya, karena sejak tahun 1970 an perusahaan ini telah membuat televisi dengan kualitas yang tidak kalah dengan buatan Korea dan Jepang.


6. CFC
Dari namanya saja pasti orang akan mengira kalau brand yang satu ini merupakan brand dari luar negeri. Ternyata perusahaan ini merupakan perusahaan Indonesia. Kebanggaan yang dimiliki CFC terletak pada ciri khasnya yang sebanding dengan ayam goreng luar negeri. Hingga tahun 2012 CFC telah memiliki 120 gerai yang tersebar di banyak kota di Indonesia.

7. Casablanca
Ternyata merek parfum yang satu ini merupakan merek asli Indonesia. Pasti banyak yang mengyangka kalau merek yang satu ini merupakan merek dari luar negeri. Hal ini karena Dallam iklan-iklan Casablanca banyak menampilak model-model bule. Dan parfum ini merupakan produksi muara kapuk, Jakarta.

8. Sophie Martin Paris
Sophie Martin didirikan oleh pasangan suami-istri berkebangsaan Perancis, Bruno Hasson dan Sophie Martin. Pada tahun 1997 mereka datang ke Indonesia karena Bruno mendapat tugas di sebuah perusahaan perancis yang ada di Indonesia. Mulanya, mereka tak berniat lama-lama tinggal di Indonesia, namun Bruno dan Sophie bukan pasangan ekspatriat biasa. Sophie piawai merancang tas, sementara Bruno, dengan skill marketingnya yang tinggi, jeli mencium peluang bisnis untuk memasarkan keterampilan istrinya.
Dengan mempekerjakan seorang tukang jahit di loteng rumah, mereka merintis cikal bakal Sophie Martin. Karena pernah menjadi handbag designer untuk Christian Dior selama 2 tahun, maka produk yang pertama di buat adalah tas. Ternyata tas-tas yang dipromosikan dari mulut ke mulut tersebut, mendapat respon positif. Pintu untuk melebarkan sayap pun terbentang lebar. Trik Sophie Martin dengan menambahkan kata “paris” di belakang brand Sophie Martin tersebut ternyata cukup berhasil, dan mengecoh banyak konsumen.


9. Hoka-Hoka Bento
Hoka-Hoka Bento merupakan merek Indonesia yang berdiri pada tanggal 18 April 1985. Hoka-hoka bento berdiri di bawah naungan PT. Eka Bogianti. Restoran ini pertama kali berlokasi di Kebun Kacang Jakarta. Hoka-Hoka Bento sendiri menyajikan makanan Jepang yang sehar, variatif, higienis dan cepat saji dengan harga yang terjangkau dan suasana yang nyaman. Hal ini menjadikan Hoka-Hoka Bento menjadi Restoran Cepat Saji Jepang terbesar di Indonesia.


Itu dia beberapa brand lokal Indonesia yang banyak dikira merupakan brand produk luar negeri. Sebenarnya masih banyak sekali merek-merek dan produk Indonesia yang disangka merupakan merek luar negeri. Semoga dengan kita mengetahui bahwa Indonesia juga memiliki banyak brand yang sangat terkenal dan juga dengan kualitas yang bagus tentunya. Untuk itu jangan malu ya dengan produk buatan negeri sendiri dan tentunya harus bangga, makasih.

Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "Beberapa Brand Indonesia yang Disangka Brand Luar Negeri "

  1. Sebenarnya banyak brand lokal yg sdh go international ex: Kiddrock, black ID, PSD dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener gan, kebanyakan yang udah go internasional memang karena memilih menjual produknya di luar dulu, hal ini karena orang Indonesia kebanyakan lebih cenderung memilih produk luar timabng produk sendiri

      Hapus
    2. ia bener tapi sayang sekarang udah g produksi lagi gan

      Hapus
    3. Klo timor itu kerjasama indonesia dgn hyundai.. Yg produksi hyundai tapi utk pasar indonesia utk jadi semacam mobil nasional sama seperti agya dan ayla skrg.. Hanya indonesia tidak punya pabrik mobil lokal jadi kerjasama dgn pabrikn luar

      Hapus
  2. Informatif bangt ya,,,,,,
    Saya juga baru tahu,,,, thanks

    BalasHapus
  3. Garbarata atau Lorong penghubung pesawat dengan bandara, ini buatan PT Bukaka

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. ia gan dari beberapa sumber ternyata menyebutkan kalau advance memang brand Indonesiayang merupakan produk dari PT Intech Surya Abadi, walaupun pabriknya ada di Cina dan komponenya dari Jerman.

      Hapus
  5. wah baru tahu hoka bento produk lokal, salut

    BalasHapus
  6. Gua ga nyangka lo SOPHIE MARTIN ternyata lokal..

    BalasHapus
  7. Saya malah mengira Lea dan Casablanca yang brand luar, ternyata dari Indonesia. Semoga brand-brand tersebut bisa mendunia.

    BalasHapus
  8. Like pisan lah..
    Strategi marketing nya jago pisan euy hehehe...

    BalasHapus
  9. Wiw kirain Lea buatan usa ternyata hahaha mantap.... Cintai produk dalam negeri

    BalasHapus
  10. Saya gx menyangka ternyata orang indonesia bisa mensiasati marketing demi kebanggaan bangsa, saya dukung terus untuk semua brand INDONESIA :)

    BalasHapus
  11. Saya penyuka merk Lea, ga nyangka itu produksi dalam negeri. Salut eh thanks infonya, berguna bgt.

    BalasHapus
  12. wah saya yg tinggal dluar negeri baru taw tapi alhamdulillah sudah dikasih taw terima kasih adminn makasihyaa

    BalasHapus
  13. 1 lagi brand asli indonesia yg mendunia,,,
    Rick Hanes Guitar,,, :)

    BalasHapus
  14. Kalo bisa artikelnya disertai referensinya bos biar orang kagak ragu sama produk diats,mksh

    BalasHapus
  15. bener2 kukira asli luar negeri apalagi lea dan j-co

    BalasHapus