Bulan Purnama Mengakibatkan Susah Tidur dan Bad Mood

Salah satu fenomena alam yang selalu hadir setiap bulan adalah fenomena bulan purnama. Keindahan bulan purnama ini memang nampak jelas hingga banyak sekali dongen atau cerita yang berhubungan tentang bulan purnama ini. Bulan purnama ini ternyata sangat mempengaruhi kehidupan manusia tanpa kita sadari. Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jean Luc Margot mengungkapkan beberapa hal unik seperti :

Bulan Purnama Mengakibatkan Susah Tidur dan Bad Mood
Bulan Purnama Mengakibatkan Susah Tidur dan Bad Mood


Sulit tidur
Banyak orang yang tidak sadar bahwa saat purnama sedang terjadi maka akan membut orang sulit untuk tidur nyenyak. Gelisah saat tidur juga sering dialami. Menurut studi hal ini diakibatkan karena terangnya sinar bulan purnama sehingga kondisi turunya kadar melatonin di dalam tubuh.

Merubah mood
Penelitian ini juga menghubungkan bulan purnama dengan terjadinya perubahan mood dimana kebanyak perubahan yang terjadi lebih ke arah negatif seperti stres.

Banyak operasi berhasil
Interactive Cardiovascular and Thoracic Surgery  menerbitkan sebuah hasil studi di tahun 2013 tentang keberhasilan operasi aorta sekitar 210 pasien. Mereka dioperasi pada saat sedang terjadi purnama dan penurunan resiko kematiannya mencapai 79 persen. Mereka membandingkan dengan pasien yang di operasi di awal bulan.

Kejang
Jurnal Epilepsy & Behavior menerbitkan sebuah studi yang dilakukan di negara Brasil. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis kondisi pasien epilepsi dalam kurun 8 tahun, dan mereka mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan karena terjadi sebuah peningkatan presentase kambuh atau kejang pada penderita saat terjadi bulan purnama.

Percaya atau tidak, bulan purnama memiliki banyak pengaruh terhadap kehidupan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bulan Purnama Mengakibatkan Susah Tidur dan Bad Mood"

Posting Komentar