Hal-Hal yang terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Hal-Hal yang terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar - Bumi melakukan rotasi dengan kecepatan sekitar 1600km/jam dan rotasi bumi ini mengalami perlambatan setiap 2 detik per 100 ribu tahun. Eksperimen ini mempercepat perlambatan itu untuk melihat efeknya pada kehidupan di bumi sebesar 1 km/jam per hari. Perlambatan hingga berhenti total dirancang memakan waktu 5 tahun. Lalu apa yang terjadi jika bumi berhenti berputar?
Hal-Hal yang terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar
Hal-Hal yang terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Kekacauan navigasi pesawat
Satelit berputar di atas bumi dengan menyesuaikan waktu yang ada di darat. Perlambatan rotasi bumi menyebabkan satelit salah memposisikan pesawat dan pesawat akan mendarat di tempat yang tidak seharusnya. Jadi dengan kata lain akan terjadi banyak kecelakaan pesawat. 

Pertambahan durasi hari
Perlambatan rotasi bumi menyebabkan perpanjangan hari. 1 haru bukan 24 jam lagi, namun akan bertambah menjadi 28 jam setelah 5 bulan dan juga sudah tidak dapat diandalkan lagi.

Bumi menjadi tidak bulat sempurna
Bagian bumi akan melebar di bagian khatulistiwa dimana yang melebar adalah laut yang terkumpul di khatulistiwa.

Banjir dan kekeringan
Jika rotasi bumi menjadi lambat, maka laut akan mengalir ke daerah kutub yang akan menyebabkan banjir di Eropa dan surut atau kering di bagian khatulistiwa termasuk Indonesia.

Naiknya tekanan udara
TIdak hanya laut sata yang mengalir ke khatulistiwa, akan tetapi tekanan udara juga demikian. Sehingga paru-paru bisa pecah jika menghirup tekanan udara seperti itu. Sebaliknya pada bagian kutub udara akan menipis dan membuat orang susah untuk bernapas.

Aktivitas geologi bertambah
Gempa bumi dan juga gunung merapi akan lebih intensiv. Penyebabnya adalah gesekan yang timbul oleh lapisan-lapisan bumi yang perlambatanya berbeda-beda.

Melemahnya medan magnet bumi
Putara inti bumi menghasilkan medan magnet yang melindungi bumi dari radiasi matahari. Namun jika sudah melambat maka akan membuat medan magnet melemah dan radiasi matahari akan bebas masuk membuat kanker kulit pada manusia.

Munculnya benua baru
Akan muncul benua baru sering surutnya laut di daerah khatulistiwa diama sumatra, jawa dan juga kalimantan akan terhubung olah dangkalan sunda, sedangkan Papua dan Australia akan terhubung oleh dangkalan Sahul. 

Cuaca menjadi sangat ekstrim
Cuaca di bumi juga akan menjadi ekstrim dimana sinar matahari akan lebih lama yang membuat terjadinya badai selama berminggu-minggu. 


Tentunya eksperimen atau simulai di atas menunjukkan betapa pentingnya rotasi bumi bagi keberlangsungan kehidupan di bumi dan juga bumi itu sendiri.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hal-Hal yang terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar"