Tips dan Trik Unik Seputar Masak dan Dapur

Tips dan Trik Unik Seputar Masak dan Dapur - Dulu memasak dan juga dapur sangat identik dengan wanita, namun sekarang justru lebih banyak pria yang menjadi juru masak yang aritnya dapur sudah tidak lagi identik dengan wanita saja. Ada beberapa tips dan juga trik sederhana di dapur yang sebetulnya bisa kamu terapkan dan tentunya akan berguna untuk membantu kerja kamu saat di dapur seperti tips mengupas kulit terlur dengan mudah dan masih banyak lainnya. Kira-kira masih ada tips unik apalagi? 

Tips dan Trik Unik Seputar Masak dan Dapur
Tips dan Trik Unik Seputar Masak dan Dapur

Cara mudah mengupas telur rebus yang masih panas
caranya dengan mencelupkan telur rebus tersebut ke dalam air yang dingin atau air es, maka dengan begitu telur akan sangat mudah untuk dikupas.

Agar cabai tidak meletup-letup saat di goreng
Tipsnya sangat mudah dengan menusuk atau menyayat (melukai cabe) dengan pisau sebelum digoreng.

Membersihkan bintang kecil yang nempel pada sayuran
Biasanya beberapa jenis sayuran seperti kangkung, selada, brokoli hingga kol masih terdapat binatang kecil seperti ulat, keong, lintang hingga cacing. Sebetulnya binatang tersebut menandakan bahwa sayuran tersebut bagus atau tidak mengandung pestisida. Namun tidak mungkin juga untuk kita memasak binatang tersebut sebagai tambahan protein. Nah cara membersihkannya cukup dengan membilas sayur dengan air garam lalu diamkan sejenak agar bintatng-binatang tersebut mati.

Agar tahu lebih awat saat disimpan
Caranya dengan mencuci bersih menggunakan air lalu siran dengan air panas setelah itu lap dengan tisu dapur. Kemudian simpan di dalam tupperware dan tutup rapat dan simpan di dalam kulkas. Jika tahu memang merupakan tahu dengan kualitas baik maka bisa bertahan selama 1 minggu kurang lebih.

Mengetahui telur busuk atau tidak
Cukup dengan merendam telur dengan menggunakan air. Jika telur tersebut terapung maka pertanda telur tersebut sudah busuk namun jika tenggelam pertanda jika terlur tersebut masih bagus.

Menyimpan sayur agar tidak cepat busuk
Jangan menyumpan sayur di dalam kulkas dengan menggunakan kantong plastik atau tas plastik. Karena plastik dapat mencegah air embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayur menjadi cepat busuk. Gunakanlah koran untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas.

Mencegah bau di dalam kulkas
Untuk mencegah kulkas menjadi bau, belahlah kentang dan letakkan di dalam rak kulkas. Kentang bisa menghilangkan bau yang tidak sedap di dalam kulkas.

Agar ikan tidak lengket saat digoreng
Jangan pernah menggunakan wajan yang pernah atau sering digunakan untuk menumis. Hal tersebut akan membuat ikan menjadi lengket di wajan. Gunakan wajan khusus atau tersendiri.

Menghilangkan rasa panas di tangan kerena cabai atau sambal
Cuci tangan 2 hingga 3 kali menggunakan sabun dan kemudian di lap. Setelah itu masukan tangan ke dalam beras hingga terbenam. Setelah itu remas-remas beras sebentar dan dijamin rasa panas akan segera hilang. 

Agar mata tidak pedih saat mengiris bawang
Letakan wadah berisi garam di samping telanan. Dengan cara ini maka dapat menghindarkan mata dari rasa pedih.

Agar beras aman dari kutu
Letakaan sebungkus plastik yang berisi beberpa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastik tersebut. Kutu beras tidak menyukai aroma kopi dan akan keluar dan tidak kembali lagi.

Memberishkan perlatan masak dari noda kunyit
Gunakan satu sendok baking soda, beri sedikit air, gosokkan ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas. Ulangi hingga bersih.

Agar tempe tidak mudah busuk
Simpel, jangan menyimpan tempe didekat garam agar tidak cepat busuk.

Menyimpan daging di freezer dengan benar
Pastikan daging untuk tidak keluar masuk freezer karena akan membuat bakteri menempel pada daging dan berkembang biak. Sebaiknya potong-potong kecil sesuai kebutuhan akan dimasak lalu disimpan secara terpisah sehingga ketika akan digunakan tinggal di ambil dan yang tidak digunakan tetap aman di dalam freezer tanpa harus ikut dikeluarkan kemudian dimasukkan kembali.

Itu saja terik dan juga tips seputar memasak dan juga dapur. Simpel dan sederhana, semoga dapat berguna dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips dan Trik Unik Seputar Masak dan Dapur"