Tips Mengatur Anggaran Buat Nikah Tidak Pake Ribet

Tips Mengatur Anggaran Buat Nikah Tidak Pake Ribet - Uang bukan segalanya, namun segalanya membutuhkan uang. Begitu juga dalam hal mempersiapkan sebuah pernikahan. Tentunya uang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jalanya sebuah acara pernikahan. Membahas mengenai pernikahan memang sedikit sensitif dan juga rumit namun mau tidak mau pastinya kita akan mengalami fase ini. Bagi kebanyakan pria mereka hanya menginginkan sebuah pernikahan yang simple atau bisa dikatakan yang penting acara dapat terselenggara dengan lancar. Namun bagi wanita tidak dapat sesimpel itu. Setiap wanita memiliki mimpi untuk membuat sebuah acara pernikahan itu berlangsung benar-benar seperti keinginan dia seperti pernihakah yang indah, yang romantis dan sebagainya. Tentunya disitulah dibutuhkan sebuah anggaran yang tidak sedikit. Nah untuk iltulah perlunya sebuah strategi untuk mengatur sebuah anggaran agar acara pernikahan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan konsep yang diinginkan. Agar semua acara dapat berjalan lancar mari kita membahas tips mengatur anggaran pernikahan berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah menikah.
Tips Mengatur Anggaran Buat Nikah Tidak Pake Ribet
Tips Mengatur Anggaran Buat Nikah Tidak Pake Ribet

Bagi pria, tentukan mahar dan seserahan
Ketika kamu memutuskan untuk menikah, tentunya pria harus menyuapkan sebuah mahar dan seserahan untuk mempelai wanita. Anggaran ini hanya berlaku bagi mempelai pria yang menyiapkannya. 

Tentukan konsep acara yang akan digunakan
Tentunya konsep acara berlangsung atas kesepakatan dua belah pihak yaitu pria dan wanita. Acara yang akan dibuat tentunya berdasarkan kemampuan dari masing-masing pihak dan usahakan untuk tidak mendominasi. Intinya tentang kerjasama antara dua keluarga, sehingga buatlah acara yang memiliki kesan dan juga jangan terlalu memaksakan hal yang tidak diinginkan.

Tentukan peralatan apa saja yang akan disewa
Tentunya anda harus menentukan apa-apa saja yang dibutuhkan dalam pernikahan tersebut, baik peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan oleh tamu undangan dan yang dibutuhkan oleh tuan rumah sendiri. Seperti halnya properti, makanan, pakaian, pengiring musik dan sebagainya.

Komunikasikan keuangan anda bersama pasangan anda
Komunikasi dengan pasangan sangatlah baik untuk menentukan bagaimana sebaiknya pembagian keuangan pada acara pernikahan nanti. Anda juga jangan terlalu terperangkap dengan stigma yang berkembang di masyarakat, misalnya pihak prialah yang harus lebih banyak menanggung biaya.

Berbicara jujur
Cobalah untuk berbicara jujur dan juga terbuka dengan pasangan anda mengenai masalah ini. Selain dapat menghasilkan keputusan bersama, anda juga dapat menentukan prioritas sejauh mana nantinya pernikahan anda akan diselenggarakan.

Membagi anggaran
Tentunya pembagian anggaran pernikahan dapat dibagi menjadi beberapa cara. Selama semua pihak setuju dengan apa yang direncanakan maka anda dan juga pasangan anda bebas untuk membagi keuangan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Atau jika anda pihak laki-laki merasa mampu untuk mengambil tanggung jawab tersebut maka hal tersebut dapat dimaksimalkan tanpa harus membagi anggaran kepada pihak wanita.

Sesuaikan dengan anggaran
Setelah semua hal mengenai keuangan diputuskan, tentunya ada tingga mengeksekusinya sesuai dengan rencana. Namun yang terpenting adalah anda harus mengetahui seberapa besar anggaran yang anda miliki, karena jika anggaran yang anda miliki tidak sesuai dengan acara yang ingin anda selenggarakan maka hal tersebut tidak dapat terselenggara. 

Fokus terhadap rencana anda
Biasanya anda akan dihadapkan dengan berbagai pendapat dari kerabat di sekitar anda. Tentunya kerabat akan memberikan berbagai saran dan juga masukan agar pernikahan anda dapat berjalan lancar. Hal tersebut tentunya bagus untuk dijadikan sebuah masukan, namun yang harus anda ingat adalah anda harus tetap fokus dengan semua rencana yang anda tetapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatur Anggaran Buat Nikah Tidak Pake Ribet"

Posting Komentar