Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh - Menangis biasanya terjadi saat kita sedang merasakan momen yang bahagia maupun sedih, atau mungkin juga karena mata kita terkena debu atau benda lainya juga dapat membuat kita mengeluarkan air mata. Biasanya jika kita terlalu lama menangis dapat membuat mata kita menjadi merah dan bengkak, akan tetapi taukah anda bahwa menangsi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Ini dia beberapa manfaat yang dapat kita rasakan setelah menangis.

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

1. Membantu Penglihatan
Manfaat yang pertama dari menangis adalah dapat membantu penglihatan. Tahukan anda, bahwa dengan menangis ternyata mampu atau dapat membantu penglihatan seseorang, Cairan yang keluar dari mata tersebut dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan mata menjadi kabur.

2. Membunuh Bakteri
Ternyata air mata juga dapat berfungsi sebagai antibakteri alami, sehingga sebenarnya anda tidak begitu memerlukan obat tetes mata. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang mana cairan lisozom ini dapat membunuh bakteri sekitar 90-95 persen bakteri bakteri yang biasanya terdapat pada keyboard, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat lainya yang mengandung bakteri hanya dalam lima menit. 

3. Meningkatkan Mood
Orang yang mengeluarkan air mata atau menangis, ternyata mampu menurunkan level depresinya dan mood orang tersebut dapat terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan karena mengangis mengandung 24 persen almbumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibandingkan dengan air mata yang dihasilkan karena iritasi mata.

4. Mengeluarkan Racun
Menurut seorang ahli biokimia yang bernama William Frey yang telah melakukan beberapa studi dengan air mata, menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyat mengandung racun. Jangan salah persepsi dulum racun yang terkandung di dalam air mata tersebut bukan murni berasal dari ari mata itu sendiri melainkan berasal dari dalam tubuh dan dikeluarkan lewat air mata.

5. Mengurangi Stres
Percayakah anda bila air mata ternyata mampu mengurangi stress?. Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh seperti endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain dapat menurunkan stres, air mata juga membantuk penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

6. Melegakan Perasaan
Sepertinya hampir semua orang dapat merasakan hal ini. Meskipun anda memiliki berbagai macam masalah, namun setelah anda menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Biasanya setelah seseorang menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu akan membuat seseorang merasa lebih baik lagi.

Jadi bagi anda yang sering nangsi ternyata ada manfaatnya juga gan selama ini anda menangis? hehe

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar