Jenis Pekerjaan yang Berbahaya Bagi Jantung

Jenis Pekerjaan yang Berbahaya Bagi Jantung - Ternyata beberapa jenis pekerjaan dapat memberikan resiko yang lebih besar untuk terkena penyakit jantung bagi mereka para pekerjanya. Beberapa karakteristik tertentu dari pekerjaan dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan juga masalah kesehatan lainya. Beberapa faktor yang berhubungan dengan pekerjaan adalah seperti duduk dalam jangka waktu yang lama, stres, jam kerja yang tidak teratur dan juga paparan bahan kimia tertentu bahkan polusi yang mana dapat membahayakan jantung mereka para pekerja. Kira-kira jenis pekerjaan apa saja yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit  jantung? ini dia


Jenis Pekerjaan yang Berbahaya Bagi Jantung
Jenis Pekerjaan yang Berbahaya Bagi Jantung


1. Sopir (Pengendara Bus atau Pengendara Taxi)
Sopir bus maupun pengendara mobil lainya yang mana menuntut mereka bekerja dengan posisi duduk berjam-jam dapat membuat mereka menjadi rentan terkena serangan penyakit jantung dan juga hipertensi dibandingkan pekerjaan lainya. Hal ini pernah diungkapkan oleh Dr Peter L Schnall, profesor kedokteran dari University of California. Menurut Schnall sopir bus beresiko mengalami tekanan dan juga stres saat melakukan pekerjaanya karena mereka membutuhkan kewaspadaan untuk menghindari kecelakaan dan menjaga penumpang tetap aman. Sebuah riset menunjukkan bahwa 56% dari para sopir bus di Taipe telah didiagnosa hipertensi jika dibandingkan dengan 31% jenis pekerjaan lainya.

2. Polisi dan Pemadam Kebakaran
Polisi dan juga pemadam kebakaran juga memiliki resiko yang cukup tinggi dalam hal terkena penyakit jantung. Sekitar 22 % kematian pada polisi dan 45% pada petugas pemadam kebakaran kebanyakan disebabkan karena penyakit jantung dibandingkan dengan 15% jenis  pekerjaan lainya. Durasi waktu berkerja yang cukup lama hingga berjam-jam, pola makan yang tidak sehat di tempat kerja, stress, paparan karbon monoksida atau polusi, serta beberapa faktor lain seperti hipertensi dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung. 

3. Pekerja Pabrik
Para pekerja pabrik umumnya adalah pekerjaan yang sangat menuntut banyak tenaga dan juga fisik akan tetapi sangat kurang dalam hal pengawasan. Pekerjaan ini juga masuk dalam jenis pekerjaan yang dapat menyebabkan sakit jantung. Menurut Dr Moscucci "Bekerja di luar kemampuan adalah sebuah stressor yang dapat mengarah kepada penyakit jantung". Sebuah penelitian juga dilakukan untuk membutktikan hal tersebut dimana The Landmark Whitehall melakukan sebuah penelitian yang melibatkan hampir 11000 pegawai sipil di Inggris menemukan bahwa pria dan wanita dengan kontrol pekerjaan yang rendah memiliki dual kali lipat resiko terkena penyakit jantung.

4. Bartender
Bekerja sebagi bartender tentunya akan  membuat mereka berada dalam ruangan dengan asap rokok yang penuh. Walaupun sudah ada negara-negara yang menerbitkan larangan merokok di beberapa bar akan tetapi hal itu tetap saja tidak membuat para bartender dapat bebas dari asap rokok karena faktanya hampir setiap bar memperbolehkan pengunjungya mengisap rokok.  Seperti kata dokter Grogan "sudah jelas menunjukkan bahwa asap rokok secara signifikan meningkatkan resiko serangan jantung.

5. Pekerja Terowongan
Dari sebuah hasil studi yang melibatkan lebih dari 5000 pekerja terpwongan New York pada tahun 1988 menunjukkan bahwa orang yang pernah bekerja pada terowongan transportasi memiliki peningkatan resiko kematian terkai jantung sebesar 35 persen ketimbang populasi umum. Para pekerja terowongan ini biasanya memiliki resiko terkena karbon monoksida. 

6. Pekerja Shift
Orang yang bekerja dengan sistem shift memiliki resiko terkena penyakit jantung dan juga diabetes tipe 2. Bekerja dengan sistem shift dapat menganggu irama sirkadian dan jam tidur seseorang yang memainkan peran penting dalam menjaga gula darah, tekanan darah, dan juga regulasi insulin. Dan juga gaya hidup yang tidak sehat tentunya dapat menjadi faktor pemicu tambahan. Sementara itu juga mereka yang mengambil shift kerja malam biasanya lebih mungkin untuk merokok.


Itulah beberapa jenis-jenis pekerjaan yang ternyata bisa memberikan reseiko terkena penyakit jantung. akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena walaupun anda bekerja dengan salah satu jenis pekerjaan-pekerjaan di atas setidaknya anda dapat merubah pola hidup agar lebih sehat dan juga menjaga pola makan anda dan yang pasti jangan lupa untuk tetap berolahraga agar anda tetap sehat dan bugar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Pekerjaan yang Berbahaya Bagi Jantung"

Posting Komentar