Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum

Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum - Air merupakan salah satu sumber kehidupan, karena semua mahkluk hidup tentunya membutuhkan air untuk hidup. Namun tahukah anda bahwa ternyata tidak semua jenis air baik untuk diminum. Kira-kira apa saja air yang ternyata tidak boleh untuk diminum.

1. Air yang Terlalu Lama Mendidih
Yang dimaksud dengan air yang sudah terlalu lama mendidih adalah air yang sudah mendidih sepanjang malam atau sudah lama di kompor. Air yang seperti ini yang sudah dimasak terlalu lama membuat zat yang tidak menghawa dalam air seperti kalsium, magnesium atau kandungan logam berat lain dan nitrit yang dan nitrit sangat tinggi. Jika kita sering mengkonsumsi air yang seperti ini dalam jangka waktu yang berkepanjangan, maka akan sangat dapat mengganggu fungsi lambung dan usus, terjadi diare sementara, perut kembung, dan nitrit yang mengandung racun dapat mengakibatkan organisme kekurangan oksigen, dan jika sudah masuk dalam level yang cukup parah bisa mengakibatkan pingsan dan kejang bahkan hingga kematian.
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum


 2. Air yang Tidak Dimasak
Semua air ledeng yang kita minum tentunya semuanya melalui proses klorin. Dalam air yang diproses klorin dapat memisahkan 13 jenis zat yang merugikan seperti hidrokarbon halogen, klorofom yang berefek menyebabkan kanker dan juga cacat. Saat suhu air mencapai panas 90C, kadar hidrokarbon halogen yang semula 53 mg/kg naik menjadi 177 mg, 2 kali lipat lebih tinggi dari standar kesehatan air minum nasional yang ditetapkan. Menurut para ahli, bahwa kemungkinan terjangkit kanker kandung kemih dan kanker poros usus dengan mengkonsumsi air yang belum dimasak meningkat 21-38%. Ketika suhu air sudah mencapai 100 C, kedua zat yang merusak ini akan menjadi berkurang dengan sangat drastis lewat penguapan dan akan aman dikonsumsi jika didihkan lagi selama 3 menit
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum

3. Air yang Dimasak Kembali
Air yang sudah dimasak kemudian direbus tidaklah baik bagi tubuh. Sebab air yang sudah dimasak kemudian dimasak kembali maka akan membuat air tersebut menguap kembali sehingga dengan demikian kandungan nitrit yang terdapat di dalam air akan meningkat, dan jika sering mengkonsumsi air yang seperti ini maka akan terjadi penumpukan nitrit di dalam tubuh. 
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum

4. Air Bekas Kukus
Air yang dimaksud disini adalah air dari sisa hasil kukusan karena air yang demikian juga kepekaan nitritnya sangat tinggi. Jika sering meminum air yang seperti ini atau menggunakanya untuk memasak bubur akan dapat menyebabkan nitrit menjadi keracunan, kerak kerap meresap ke tubuh mengikuti air dan dapat menyebabkan perubahan patologis pada sistem pencernaan, saraf, saluran kemih dan dapat mengakibatkan penuaan dini.
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum

5. Air yang Sudah Lama Disimpan (Air Mati)
Air telah lama disimpan (air mati) sebagiknya tidak untuk dikonsumsi karena air yang seperti itu dapat menyebabkan metabolisme sel anak-anak yang belum dewasa menjadi melamban, akibatnya mempengaruhi pertumbuhan tubuhnya. Air mati juga dapat mengakibatkan penuaan dini dan membuat orang yang mengkonsumsi air seperti ini memiliki resiko kanker lambung yang cukup besar dan juga kanker kerongkongan di sejumlah daerah tubuh akan terus meningkat. Zat bercaun di dalam air yang lama disimpan akan terus bertambah seiring dengan masa penyimpanan air.
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum
Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum
Itu adalah Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum dan sebaiknya memang tidak untuk dikonsumsi karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa beberapa efek dari mengkonsumsi air yang seperti itu secara jangka panjang sangat buruk tentunya bagi kesehatan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Air yang Tidak Boleh Diminum"

Posting Komentar