Cara Mengatasi Kaki Kesemutan Saat Duduk

Sepertinya hampir semua orang pastinya pernah menrasakan yang namanya kesemutan atau keram. Biasanya hal tersebut terjadi ketika sedang duduk bersila maupun jongkok. Ada beberapa penyebab terjadinya keram maupun kesemutan pada kakit saat duduk. Biasanya kesemutan yang terjadi sesaat disebabkan oleh gangguan maupun tidak lancarnya aliran darah sehingga membuat kaki menjadi keram. Namun bagi yang sering mengalami kesemutan yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang sebenarnya memiliki banyak penyebab. Dan jika penyebab tersebut telah diketahui maka kita akan mudah dan mengetahui bagaimana cara mengatasi kaki kesemutan saat duduk.

tips cara mengatasi kaki kesemutan saat duduk
Cara Mengatasi Kaki Kesemutan Saat Duduk

Penyebab Kaki Kesemutan Saat Duduk


Kekurangan Vitamin
Kekurangan vitamin dapat menjadi salah satu penyebab kaki kesemutan. Vitamin seperti E, B1, B6 dan B12 sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan syraf. Untuk itu jika tubuh kekurangan vitamin B12 maka sangat dapat menyebabkan anemia dan juga pernisiosa, yang mana anemia tersebut dapat menimbulkan neuropati perifer. Akan tetapi perlu diketahui juga bahwa kelebihan vitamin B6 di dalam tubuh juga bisa menimbulkan kesemutan pada kaki dan juga tangan.

Sering Mengkonsumsi Alkohol
Orang yang sering mengkonsumsi alkohol tentunya akan mengakibatkan kekurangan vitamin B1 sehingga dapat menimbulkan neropati perifer atau kesemutan.

Menderita Diabetes
Salah satu penyebab terjadinya kesemutan adalah penyekit diabetes. Ternyata diabetes dengan gula darah tinggi yang tidak terkontrol akan menyebabkan kerusakan syaraf perifer yang mana salah satunya memiliki tanda atau gejala kesemutan.

Mengatasi Kaki Kesemutan Saat Duduk

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat kaki kita sedang mengalami keram atau kesemutan. Karena kebanyakan kesemutan saat sedang duduk terjadi karena terhambatnya aliran darah maka cara mengatasinya pun cukup sederhana


  • Ubah posisi duduk dan pastikan kaki anda berada pada posisi yang nyaman dan tidak tertindih sehingga aliran darah dapat kembali lancar
  • Gerakan atau jentikan jari kaki anda sekuat mungkin. Jika kaki sebelah kiri yang kesemutan maka jentikkanlah jempol sebelah kanan dan begitu pula sebaliknya.
  • Gerakan kaki dan biasanya setelah menggerkan kaki maka kaki akan terasa tambah tertusuk-tusuk akan tetapi justru hal tersebutlah yang akan membuat kaki menjadi normal kembali. Cukup gerakan atau disentuh lalu diamkan, maka keram atau kesemutan pada kaki akan segera menghilang.


Itulah beberapa cara Mengatasi kaki Kesemutan saat duduk yang mungkin sangat mudah untuk dipraktekkan. Untuk itu tetaplah melakukan kebiasaan hidup sehat agar tubuh menjadi tetap sehat dan juga terbebas dari berbagai penyakit.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Kaki Kesemutan Saat Duduk"

Posting Komentar