Bertubuh Pendek Lebih Beresiko Terkena Serangan Jantung

Memiliki tubuh yang pendek ternyata memiliki resiko terhadapt kesehatan khususnya kesehatan jantung. Dalam New England Journal of Medicine setiap 2,5 inci kenaikan tinggi badan seseorang dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 13,5 persen sehingga kesimpulanya adalah semakin tinggi tubuh seseorang maka akan semakin kecil resikonya terkena serangan jantung.

Hal ini juga diperkuat dengan dilakukanya sebuah penelitian yang melibatkan 200.000 pria dan juga wanita yang mana menemukan bahwa orang yang lebih pendek memiliki resiko lebih tinggi terkena serangan jantung dari pada orang-orang yang memiliki tubuh tinggi. Sebenarnya sudah lama sekali sekitar 60 tahun yang lalu para ilmuan mencoba mencari kolerasi antara tinggi badan dan juga penyakit jantung koroner.


Bertubuh Pendek Lebih Beresiko Terkena Serangan Jantung
Bertubuh Pendek Lebih Beresiko Terkena Serangan Jantung

Sangat diduga kuat jika faktor-faktor seperti faktor sosial yang dapat menghambat tinggi tubuh seseorang misalnya gizi buruk di masa kecil bisa sedikit menjelaskan mengapa orang-orang yang pendek lebih beresiko mengalami masalah pada jantung. Universitas Leicester Inggris juga melakukan penelitian mempelajari DNA orang-orang dengan berbagai macam ukuran tinggi badan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tinggi badan dengan resiko terkena penyakit jantung.

Para ilmuan dari Universitas Leicester mempelajari sekitar 180 varian genetik yang terkait dengan penyebab orang memiliki tubuh pendek dan juga dan juga penyakit jantung yang menggunakan 200 ribu orang sebagai bahan penelitian. Profesor Sir Nilesh Samani yang memimpin penelitian tersebut mengatakan bahwa " Varian gen yang membuat tubuh anda lebih pendek atau lebih tinggi juga mempengaruhi struktur pembuluh darah anda". " Dan itulah alasan mengapa anda beresiko lebih tinggi atau lebih rendah dengan penyakit jantung". 

Dari penelitian ini ditemukan bahwa orang yang memiliki tinggi 152 centimeter memilki resiko terkena resiko terkena jantung koroner lebih besar 32 persen dibandingkan mereka yang memiliki tinggi 171 centimeter. Itulah mengapa ternyata tinggi badan juga memiliki hubungan dengan serangan jantung dan dalam hal ini orang yang memiliki ukuran badan pendek lebih beresiko terkena serangan jantung. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan pengetahuan ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bertubuh Pendek Lebih Beresiko Terkena Serangan Jantung"

Posting Komentar