Tips Memilih Durian yang Enak, Agar Tidak Ditipu Penjual

Pada akhir tahun seperti sekarang ini pastinya sudah memasuki musim buah durian jadi wajar jika kita banyak melihat pemandangan orang yang banyak menjual diruan di pinggir jalan dengan aroma wangi yang menggoda. Bagi mereka pecinta buah dengan rasa unik dan bau khas ini pastinya waktu seperti sekarang ini adalah waktu yang pas untuk mencicipi durian. 

Tips Memilih Durian yang Enak, Agar Tidak Ditipu Penjual
Tips Memilih Durian yang Enak, Agar Tidak Ditipu Penjual

Namun ada hal yang menjadi masalah, karena durian memiliki struktur kulit yang keras sehingga orang susah untuk mengetahui apakah durian yang dijajakan tersebut memang enak atau tidak. Karena tidak jarang penipu yang melakukan kecurangan dengan menjual durian dengan kualitas yang kurang bagus dan mengatakan jika buah tersebut bagus dengan daging yang tebal. Untuk itulah sebagai pembeli anda harus tau bagaimana membedakan durian yang benar-benar bagus dan matang dengan durian yang kurang bagus. Lalu bagaimana caranya?

  • Perhatikan bentuk bulat sempurana pada buah durian. Jika bentuknya tidak simetris atau salah satu sisi dari durian ada yang lebih kecil, maka hal itu menunjukkan jika daging durian tersebut kurang bagus atau tumbuhnya jauh lebih kecil
  • Aroma durian yang matang pastinya lebih wangi dan tajam. Anda dapat menciumnya satu persatu buah tersebut untuk dapat membandingkannya.
  • Perhatikan tangkai pada durian yang masih menempel. Perhatikan apakah ujungnya rata atau pecah. Jika rata maka sudah pasti durian tersebut dipotong sebelum matang dan jika ujungnya tidak rata maka sudah pasti durian tersebut matang di pohon.
  • Lihat duri duriannya, jika posisi letaknya jarang-jarang dan besar-besar berarti durian berdaging tebal dan kering. Jika posisi duri dekat maka dagingnya basah.
  • Jika anda menepuk kulit dirian di bagian luar dan suaranya seperti bergema maka itu pertanda kalau duriannya sudah matang.
  • Perhatikan dengan teliti pada bagian kulit luar. Jika terdapat noda hitam kecil seperti berlubang maka dapat dipastikan durian tersebut bususk pada bagian dalamnya.

Nah itulah beberapa tips memilih buah durian. Semoga bisa membantu ya, selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Durian yang Enak, Agar Tidak Ditipu Penjual"

Posting Komentar