Kenalan Dengan Hyperion, Pohon yang Lebih Tinggi dari Patung Liberty

Kenalan Dengan Hyperion, Pohon yang Lebih Tinggi dari Patung Liberty - Hyperion sudah tercatat sebagai pohon tertinggi di dunia ini, yang tingginya teryata jauh melebihi patung Liberty. Pohon dengan jenis Coast Redwood (Sequoia Sempervirens) merupakan pohon yang sudah berusia sangat tua. Hyperion ini tertanam kokoh pada hutan di wilayah utara California, AS yang masuk di dalam bagian Tanaman Nasional Redwood California.


Pohon ini pertama kali ditemukan oleh dua orang peneliti bernama Atkins dan Taylor untuk pertama kalinya. Karena melihat begitu luar biasanya besar dan tingginya pohon tersebut mereka lalu menamainya Hyperion. 

Menurut informasinya, pohon ini memiliki tinggi mencapai 115,6 meter dan menjadi pohon yang tertinggi di dunia. Pencatatan tersebut dilakukan pada tahun 2006 pada bulan September oleh tim dari Universitas Negeri Humboldt.

Tentunya untuk mengukur pohon yang setara dengan gedung pencakar langit tersebut bukanlah sebuah hal yang mudah, apalagi mereka melakukannya dengan cara manual dengan menggunakan tali pengukur. Seorang anggota tim harus manaikinya hingga puncak, kemudian menjatuhkannya talinya ke bawah. Walaupun memiliki resiko yang besar namun mereka tetap melakukanya dan berhasil.

Sebagai perbandingan, Patung Liberty memiliki ketinggian 93,1 meter, sedangkan Hyperion memiliki tinggi 115,6 meter. Jadi sudah terbayangkan kan seberapa tinggi pohon ini. Semoga saja pohon ini masih bisa berdiri kokoh dalam waktu yang lama walaupun diterjang angin kuat sekalipun.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenalan Dengan Hyperion, Pohon yang Lebih Tinggi dari Patung Liberty"

Posting Komentar