Simalakama Si Buah Kutukan yang Bermanfaat

Simalakama Si Buah Mematikan yang Bermanfaat - Apakah anda pernah mendengar peribahasa buah simalakama? saya rasa semua orang sudah tidak asing dengan peribahasa yang satu ini. Peribahasanya berbunyi seperti ini " Jika memakan buah simalakama maka ibu kita akan mati sedangkan jika kita tidak memakannya maka ayah kita yang akan mati " dimana arti dari peribahasa ini adalah sedang berada pada situasi yang pelik dimana semua pilihan yang harus kita ambil sama-sama memiliki resiko yang buruk atau bisa dikatakan berapa pada posisi yang sulit. Saat mengingat peribahasa ini saya jadi tertarik tentang buah simalakama, kenapa dalam peribahasa ini buah yang digunakan adalah buah simalakama? apakah buah ini memang benar-benar memiliki magis seperti yang disebutkan dalam peribahasa tersebut atau bahkan apakah buah ini benar-benar ada?

Nah dari beberapa pertanyaan yang membuat saya penasaran maka saya mencoba mencari informasi tentang buah ini. Akhirnya dari beberapa sumber yang saya dapatkan saya mendapat beberapa informasi yang sangat menarik dan tentunya layak untuk kita bahas. Ternyata buah simalakama ini memang benar-benar ada loh, dan buah ini memiliki nama latin Phaleria Papuana. Mungkin ada yang bertanya kenapa namanya ada papuana? ya tentu saja karena buah ini memang berasal dan banyak tumbuh di papua. Sebutan buah simalakama adalah sebutan yang dipakai di daratan melayu. Dan kalau bahasa sekarang buah ini biasa disebut dengan mahkota dewa.



Secara fisik buah ini memiliki bentuk bulat dan memilki kulit berwarna merah dengan diameter sekitar 3-6 centimeter. Buah ini sangat beracun dan bila tidak diproses secara benar dapa mengakibatkan kematian bagi orang yang mengkonsumsinya. Nah mungkin hal inilah yang menjadikan buah simalakama lah yang digunakan dalam peribahasa simalakama tersebut (pendapat saya sih hehe). Namun walaupun termasuk buah yang beracun ternyata jika diolah dengan tepat buah ini ternyata mempunyai khasiat loh bagi kesehatan tubuh kita.



Pada penelitian ilmiah, ekstrak buah simalakama atau yang dikenal dengan nama mahkota dewa ini memiliki zat-zat mujarab untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker(bukan kantong kering ya hehehe). Dalam penelitian tersebut ternyata ekstrak buah ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sampai 50 %. Kulit serta daging buah ini dapat dipakai untuk mengobati penyakit disentri, jerawat dan psoriasis (kelainan kulit). Ekstrak buah ini juga dapat dipakai sebagai anti-histamin (penawar alergi), anti-piretik (penurun panas), analgetik (menghilangkan rasa nyeri dan sakit), menurunkan kadar asam urat bahkan sebagai obat herbal. Tidak hanya berhenti di situ saja, ternyata buah simalakama itu juga dapat mengatasi penyakit jantung, diabetes, penyakit ginjal, hipertensi dan lemah syahwat.



Dari sedikit penelusuran tentang manfaat yang terkandung dalam buah simalakama tersebut saya jadi berpikir dimana peribahasa ini muncul karena kondisi seperti ini . Ada seorang anak dimana pada saat tersebut dia dalam kondisi yang sangat pelik dimana sang ayah sakit keras begitu juga dengan ibunya. Nah ternyata sang anak mengetahui ada buah yang dapat menyembuhkan penyakit kedua orang tuanya tersebut. Setelah mencari akhirnya dia berhasil mendapatkan buah yang dimaksud dan buah itu adalah buah simalakama. Nah yang menjadi persoalan adalah dia hanya mendapat satu buah saja yang itu artinya dia harus memilih harus menyembuhkan sang ayah ataukah harus menyembuhkan sanga ibu. Tapi siapa yang tau toh ini cuma pendapat dan imajinasi saya saja hehehehe.

Terlepas dari semua bahasan saya di atas yang menjadi point penting disini adalah ternyata buah ini memang ada dan ternyata dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini dimana dengan ekstrak buah simalakama ini (ingat ekstrak simalakama bukan ekstrak kulit manggis ya "jadi ingat iklan m*stin good") ternyata dapat menyembuhkan banyak penyakit dan sangat bermanfaat tentunya bagi kita. Dan tentunya juga kita harus tetap menjaga peribahasa buah simalakama ini karena merupakan salah satu peninggalan pendahulu kita. OK thanks udah mampir ke blog ane semoga bisa sedikit menambah wawasan anda :) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simalakama Si Buah Kutukan yang Bermanfaat"

Posting Komentar