Waspadai 6 Bahaya ini Saat Wisata ke Pantai

Pantai merupakan salah satu destinasi liburan yang menjadi favorit keluarga apalagi anak-anak untuk dikunjungi. Banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan di pantai, mulai dari bermain ombak, berjemur, bermain pasir, hingga mandi-mandi. Namun pantai juga menyimpan bahaya yang harus diwaspadai agar anda dan juga keluarga tetap aman saat sedang berlibur di pantai. Berikut adalah hal-hal yang harus diwaspadai saat bermain di pantai.

Waspadai 6 Bahaya Saat Wisata ke Pantai
Waspadai 6 Bahaya Saat Wisata ke Pantai

Arus balik (rip current)
Arus balik atau rip current ini merupakan gerakan air yang menuju kembali ke laut setelah datangnya ombak dari laut ke darat. Jika anda tidak berhati-hati maka arus balik ini dapat menyeret orang dan membawanya ke laut. Nah tips untuk menghadapi arus balik ini adalah dengan berenang mengikuti arah arus balik lalu berenang sejajar garis pantai hingga bertemu ujing arus. Pasalnya jika anda berusaha untuk melawan arus balik ini malah tubuh anda akan semakin terbawa ke tengah karena tubuh sudah kelah dan kehabisan tenaga.

Menggali lubang pasir terlalu dalam
Ternyata menggali lubang yang terlalu dalam di pasir pantai juga dapat berakobat fatal. Ada banyak kasus terjadinya kematian dan juga luka-luka karena lubang pasir yang digali ini runtuh, dan ada kasus seprang pria 26 tahun meninggal karena menggali terowongan pasir terlalu dalam hingga runtuh dan terjebak di dalamnya. Dan ada juga anak berusia 12 tahun yang mengalami nasib yang sama karena masuk ke dalam lubang pasir yang akhirnya runtuh. Sangat disarankan untuk tidak menggali lubang lebih tinggi dari lutut dan jika anda menemukan banyak lubang di pantai sebaiknya anda menutupnya demi keamanan.

Terbakar Sinar Matahari
Tentunya sinar matahari di pantai biasanya rasanya lebih menyengat dan jika sampai membajar kulit maka dapat mengakibatkan kram kepanasan, kelelahan hingga stroke. Jadi jika anda mengalami luka bakar serius ada baiknya anda segera pergi ke rumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan pertolongan.

Bakteri E.Coli
Bakteri ini beresiko muncul akibat air yang terkontaminasi bakteri payogen. E.Coli dapat menyebabkan gejala seperti muntah, diare, sakit perut hingga demam. Jadi usahakan saat bermain di pantai air laut jangan sampai terminum dan setelah selesai bermain jangan lupa untuk mencuci tangan maun tubuh dengan air tawar.

Serangan ubur-ubur
Serangan ubur-ubur sering sekali terjadi di pantai. Ubur-ubur memiliki tentakel yang beracun serti ubur-ubur kotak fan kebanyak sebgatan ubur-ubur akan memicu rasa sakit, gatal hingga kulit yang memerah. Untuk itu waspadalah jika sedang mandi di pantai dan pastikan pantai yang anda kunjungi bebas dari ubur-ubur.

Duri Babi
Hewan yang satu ini juga perlu anda waspadai saat anda berlibur ke pantai, karena banyak sekali yang secara tidak sengaja menginjal hewan ini sehingga mengakibatkan luka hingga demam. Sangat disarankan intuk menggunakan sendal kepit dan alas kaki lainya saat bermain di pantai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai 6 Bahaya ini Saat Wisata ke Pantai"

Posting Komentar