Efek Samping yang Muncul Saat Berhenti Merokok

Bagi mereka yang sudah kecanduan merokok tentunya untuk dapat berhenti dari kebiasaan itu sangatlah susah. Karena masa-masa lepas dari ketergantungan akan rokok juga akan menimbulkan efek samping. Namun meskipun akan menghadapi kesusahan dalam menghadapi hal itu, pastinya anda tidak boleh menyerah. Karena tubuh akan merespon positif ketika seorang perokok menghentikan kebiasaan merokoknya tersebut. Tubuh juga akan perlahan memperbaiki diri hingga benar-benar tidak lagi memerlukan racun dari rokok tersebut. Berikut ini adalah efek-efek dari berhenti merokok yang bisa muncul:

Efek Samping yang Muncul Saat Berhenti Merokok
Efek Samping yang Muncul Saat Berhenti Merokok


Depresi
Biasanya perasaan ini akan muncul, mulai dari perasaan sedih, putus asa, atau rendah hati. Dalam kondisi seperti ini seseorang harus dijauhkan dari lingkungan perokok dan perlu mendapatkan dukunngan yang positif.

Pemarah
Pada masa ini juga seseorang akan lebih cenderung menjadi pemarah.

Perubahan mood yang tidak bisa ditebak
Tiba-tiba bisa marah, senang, gelisag dan mood yang lain juga bisa datang tanpa dapat dikendalikan akibat tubuh menginginkan nikotin.

Tidak enak badan
Hal ini terjadi karena adanya proses pembuangan yang dilakukan oleh tubuh. Selama merokok, nikotin akan menghambat laju kerja oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Dan kini saat sudah berhenti merokok maka semua berjalan seperti saat kondisi tubuh tanpa nikotin.

Perut merasa tidak nyaman
Biasanya akan muncul kram, mual, perut kembung dan juga sembelit. Untuk itu lakukanlah olahraga dan makanan serat untuk dapat mengimbangi masalah ini.

Masalah pada hidung dan juga tenggorokan
Tentunya hidung dan juga tenggorokan akan berusaha untuk menghilangkan lendir yang selama ini terakumulasi selama masa merokok. Sehingga proses ini akan mengakibatkan anda mengalami batuk, tenggorokan kering, dan juga mulut yang kering. Untuk mengatasinya bisa dengan banyak mengkonsumsi air.

Nafsu makan menjadi meningkat
Hilangnya racun nikotin di dalam tubuh secara perlahan dapat memicu timbulnya rasa lapar.

Sakit kepala
Lepasnya nikotin juga dapat memicu sakit kepala. Pijat-pijat dan istirahatlah saat hal itu terjadi dan jangan lupa untuk tetap banyak mengkonsumsi air.

Kurang tidur
Proses untuk berhenti merokok juga dapat mengakibatkan susah tidur. Sehingga sangat disarankan untuk menjauhi kopi dan perbanyaklah berolahraga.

Keringat dingin dan gemetar
Ini merupakan efek sakau akan nikotin. Jangan menyerah dan bertahanlah sampai efek kecanduan tersebut benar-benar menghilang.

Mengalami masalah kulit
Selama masa ini kulit akan membaik secara perlahan dan dalam prosesnya akan mengakibatkan sedikit masalah pada jerawat, lidah atau mulut. Ini hanya proses perubahan

Itu adalah beberapa efek yang bisa muncul saat anda memutuskan untuk berhenti merokok, namun anda jangan khawatir karena efek ini hanya berlangsung sekitar dua hari semapi beberapa minggu dan hanya bersifat sementara.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Efek Samping yang Muncul Saat Berhenti Merokok"

  1. ahhh..gak juga saya berhenti merokok malah tubuh saya jadi fit & fresh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe mungkin kalau berhenti bisa jauh lebih fresh dan fit lagi hehehe

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus