Mengepalkan Tangan Mampu Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Tahukah anda jika mengepal-ngepalkan tangan ternyata memiliki manfaat, karena dari sebuah studi yang dilakukan oleh Montclair State University, aktivitas tersebut mampu membantu untuk meningkatkan kemampuan mengingat. Tangan kanan yang sering dikepal akan membantu membentuk sebuah ingatan di otak. Sedangkan jika tangan kiri yang dikepal dapat merangsang pemanggilan ingatan yang sudah berlalu. 

 Mengepalkan Tangan Mampu Meningkatkan Kemampuan Mengingat
 Mengepalkan Tangan Mampu Meningkatkan Kemampuan Mengingat


Studi ini dilakukan dengan melibatkan sejumlah relawan dimana mereka dibagi menjadi lima kelompok. Setelah itu mereka diberi tugas untuk menghafal dan mengingat 72 kata. Masing-masing kelompok diminta untuk melakukan hal yang berbeda selama menghafal kata-kata tersebut. Satu kelompok diminta untuk menghafal sambil mengepalkan tangan selama 90 detik sebelum menghafal, kemudian mengepalkan tangan lagi ketika selesai menghafal ingatan. Kelompok kedua juga melakukan hal yang sama namun menggunakan tangan kiri mereka.

Sedangkan kelompok yang selanjutnya atau yang ke tiga melakukan hafalan tanpa menggunakan kepalan tangan sama sekali. Kelompok ke empat mengepalkan tangan kiri sebelum menghafal dan mengepalkan tangan kenan sebelum melafalkan. Dan terakhir kelompok ke lima mengepalkan tangan kanan sebelum menghafalkan dan mengepalkan tangan kiri ketika mengingat kata.

Dan hasilnya adalah kelompok ke lima memiliki hasil yang paling maksimal dalam mengingat dan juga memanggil kembali ingatan tersebut. Menurut sang peneliti hubungan mengepalkan tangan dengan daya ingat adalah mengepalkan tangan kemungkinan mengaktifkan daerah otak tertentu yang akan merangsang peningkatan kemampuan dalam mengingat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mengepalkan Tangan Mampu Meningkatkan Kemampuan Mengingat"

Posting Komentar