Tips Agar Tidak Malu Minta Maaf

Meminta maaf bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah karena dalam diri setiap orang pastinya memiliki perasaan angkuh atau malu karena kesalahan yang besar. Namun pastinya memendam perasaan bersalah dan tidak meminta maaf tentunya akan menjadi beban di dalam hati. Padahal dengan meminta maaf dapat menunjukan sifat kedewasaan seseorang. Bagi anda yang mungkin masih merasa sungkan untuk meminta maaf, berikut ini adalah tips yang mungkin akan mempermudah anda dalam hal mengutarakan permintaan maaf.

Tips Agar Tidak Malu Minta Maaf
Tips Agar Tidak Malu Minta Maaf


Tidak menunda permintaan maaf
Jika anda merasa berbuat kesalahan kepada seseorang, maka usahakan untuk segera menyatakan permintaan maaf sekecil apapun. Karena semakin lama anda menunda permintaan maaf, maka akan membuat anda semkin emnggan hingga malas untuk meminta maaf. Seliain itu juga orang akan lebih menghargai keputusan anda jika langsung meminta maaf sendiri.

Hindari untuk berbohong
Tentunya meminta maaf kepada orang lain dikarenakan anda melakukan kesalahan pada orang lain tersebut. Anda harus jujur dalam meminta maaf karena jika anda berbohong dengan tujuan membela diri maka itu sama saja anda melakukan sebuah kesalahan lagi dan merupakan tindakan yang tidak terpuji. Sebaiknya anda jujur saja mengakui kesalahan dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi. Jika diperkenankan maka anda boleh mengatakan asalan dengan jujur tanpa harus mencari kambing hitam.

Bersikap rendah hati saat meminta maaf
Maksudnya adalah anda harus benar-benar tulus mengakui kesalahan yang anda lakukan. Rendah hati juga bukan berarti anda harus merendahkan harga diri anda namun meminta maaf dan menunjukan sikap menyesal telah melakukannya.

Optimis
Terkadang kesalahan yang tidak terjadi dan tidak segera diselesaikan maka akan menimbulkan konflik di dua pihak sehingga anda harus yakin dan juga optimis jika semua akan berjalan lancar jika anda meminta maaf.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Tidak Malu Minta Maaf"

Posting Komentar