Orang Cerdas Konon Suka Curang

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, orang-orang cerdas diduga lebih sering menggunakan kreativitasnya untuk melakukan kecurangan dibanding dengan orang yang kurang aktif. Orang yang kreatif akan cenderung merasionalkan segala bentuk tindakan mereka. 

Menurut sang peneliti Francesca Gino, Phd dan rekanya dari Duke University mengatakan bahwa dari lima hasil percobaan penelitian yang dilakukan pada orang kreatif menunjukkan bahwa mereka menganggap perilaku melakukan kercurangan merupakan hal yang wajar.

Orang Cerdas Konon Suka Curang
Orang Cerdas Konon Suka Curang


Pada penelitian tersebut para relawan diberikan sejumlah uang untuk mengerjakan tugas yang harus diselesaikan. Setiap jawaban yang benar maka akan diberikan uang yang lebih banyak dan tanpa sepengetahuan para relawan tersebut, kertas yang jawaban yang mereka gunakan sudah diberikan kode identifikasi yang unik.

Disaat mereka mengerjakan tugas yang diberikan, ternyata mereka yang lebih kreatif akan berusaha mencari jawaban dari tugas dengan cara yang curang. Sementara mereka yang memiliki kecerdasan tergolong biasa saja  punya kecenderungan untuk berbuat yang lebih jujur.

Sehingga para peneliti mengambil kesimpulan bahwa antara kecerdasan dan juga kejujuran itu tidaklah sepenuhnya berhubungan. Dan tidak juga berarti bahwa semakin cerdas orang maka akan membuatnya semakin bijak. Jadi kreativitas yang tinggi akan sangat membantu untuk mengatasi tugas yang sulit akan tetapi semangat dalam kreativitas tersebut akan membuat seseorang mengambil jalan pintas yang kurang etis untuk mendapatkan jawaban dari tugas tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Orang Cerdas Konon Suka Curang"

Posting Komentar