Tips Menjadikan Obrolan Makin Menarik

Tips Menjadikan Obrolan Makin Menarik - Melakukan komunikasi dengan orang lain tidak selamnya dapat berjalan mulus atau mudah. Terkadang obrolan menjadi sia-sia lantaran adanya pertentangan antara anda dan juga lawan bicara anda dikarenakan ada yang salah saat sedang berbicara. Berkomunikasi juga ada etikanya, dan juga bekal yang menarik jika masing-masing pihak sama-sama tertarik dengan hal yang dibahas. Untuk itu setidaknya ada 4 cara untuk mengefektifkan komunikasi.


Tips Menjadikan Obrolan Makin Menarik
Tips Menjadikan Obrolan Makin Menarik
Menjadi pendengar yang baik
Saat dia berbicara dengan anda, maka tahanlah keinginan anda untuk memotong ucapannya. Anda juga harus memperhatikan semua materi yang dikatakannya sehingga anda bisa mengikuti alur pembicaraan yang sedang diperbincangkan. Hal ini juga merupakan sebuah penghormatan anda terhadap dia yang sedang berbicara.

Berikan jeda ketika anda akan berkomentar
Saat setelah ini berbicara lalu memalingkan muka sejenak, anda tidak perlu langsung berkomentar. Tunggu sejenak sampai dia kembali menatap anda. Setelah itu gantian anda yang berbicara untuk mengungkapkan komentar dalam posisi dia memperhatikan anda secara penuh. Terkadang jeda tersebut diperlukan lawan bicara agar dia dapat meresapi kata-kata yang sudah dibicarakan.

Jadikan orborlan yang anda lakukan merupakan sesuatu yang produktif
Anda dan juga lawan bicara anda akan mendapatkan sebuah obrolan yang menarik jika tema yang diobrolkan juga menarik. Apalagi jika dari obrolan tersebut nantinya bisa berlanjut menjadi sebuah ide bagus  untuk suatu aktivitas di masa mendatang. Komunikasi anda juga akan menjadi lebih efektif dengan pemilihan topik yang bagus.

Gunakan kata "dan" dan hindari penggunaan kata "tetapi" dalam berbicara
Kata "dan" menunjukkan adanya minat anda terhadap topik yang sedang dibicarakan. Pemakaian kata "tetapi" yang lebih sering digunakan menunjukkan bahwa anda memiliki pandangan yang kontra pada tema obro;an yang diangkat. Lawan bicara anda juga mungkin merasa diserang dengan pendapat anda. Dalam sebuah komunikasi atau obrolan yang basa-basi mungkin hal ini akan berguna.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Menjadikan Obrolan Makin Menarik"

  1. Hmm...begitu ya.....bagus nih artikel..apalagi buat di dunia kerja...skill berbicara ini sangat membantu komunikasi untuk masalah pekerjaan di kantor...apalagi kalau menyangkut kerja tim...

    BalasHapus