Fakta Menarik Mengenai Hari Ibu di Indonesia dan Dunia

Fakta Menarik Mengenai Hari Ibu di Indonesia dan Dunia - Mother Day atau yang di Indonesia dikenal dengan hari ibu merupakan sebuah perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarga maupun lingkunganya. Biasanya di Indonesia sendiri orang-orang akan memperingati hari ibu dengan cara mengirim ucapan selamat hari ibu atau ada juga yang melakukan kegiatan bersama ibu untuk memperingati hari ibu tersebut.  Hari ibu sendiri tidak hanya diperingati di Indonesia saja akan tetapi di berbagai negara juga memperingati hari ibu tesebut. Ada beberapa fakta menarik mengenai hari ibu ini sendiri, Nah kira-kira apa saja fakta menarik mengenai hari ibu di Indonesia dan Dunia?

Fakta Menarik Mengenai Hari Ibu di Indonesia dan Dunia
Fakta Menarik Mengenai Hari Ibu di Indonesia dan Dunia


Fakta Mengapa di Indonesia Hari Ibu diperingati Pada Tanggal 22 Desember
Hari ibu di Indonesia di peringati setiap tanggal 22 Desember karena mengikuti dekret yang dikeluarkan oleh presiden Soekarno nomor 316 tahun 1959 dimana disitu ditetapkan hari ibu jatuh pada tangga 22 Desember, karena pada tanggal tersebut pertama kalinya diselenggarakan kongres perempuan yang kala itu diselenggarakan di Yogyakarta pada 22 Desember 1928. Pada tanggal tersebut berbagai pemimpin dari organisasi perempuan di seluruh Indonesia berkumpul untuk bersatu dan sama-sama berjuang untuk kemerdekaan dan juga untuk perbaikan nasib kaum perempuan. Pada kala itu topik yang dibahas adalah mengenai peran perempuan dalam melawan penjajah dan juga keterlibatan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan. Tentunya hal itu berbeda jauh dengan pengertian kita saat ini dimana topik maupun isu yang dibahas adalah ibu sebagai wanita yang melahirkan dan membesarkan anaknya dengan kasih sayang. Akan tetapi itu tetap menunjukkan kalau wanita memang memiliki peran yang sangat penting dalam aspek apapun.

Fakta Perayaan Hari Ibu di Inggris
Di negara kerjaan ini ternyata perayaan hari ibu atau disebut Mothering Sunday sudah ada sejak abad ke 18, dimana saat umat kristiani akan ke gereja menjelang paskah. Namun sebelumnya ada momen khusus untuk para ibu diasana dimana sebuah momen mereka berjumpa kembali dengan anak-anak mereka yang jarang mereka temui karena tuntutan kewajiban dari para majikan dan tuanya. Setelah perang dunia ke II kebiasaan hari ibu di negara Inggris menjadi sedikit berubah karena banyaknya pedagan Inggris yang mulai meniru kebiasaan hari ibu di Amerika. 

Fakta Perayaan Hari Ibu di Amerika Serikat
Di Amerika Serikat sendiri kebiasaan merayakan hari ibu biasanya dilakukan pada minggu ke dua bulan Mei. Walaupun sebelumnya sudah ada penggagas hari ibu, namun hari ibu di Amerika tetap dilaksanakan pada minggu kedua bulan Mei sesuai yang telah dicetuskan oleh Anna Jarvis pada tahun 1908. Sama halnya dengan di Indonesia hari ibu di Amerika juga dirayakan untuk menghormati para Ibu disana.

Fakta Perayaan Hari Ibu di Timur Tengah
Sebgaian besar negara di wilayah Timur Tengah memperingati hari ibu di setiap tanggal 21 Maret. Orang yang sebagai penggagas hari Ibu tanggal 21 Maret adalah seorang jurnalis yang bernama Mustafa Amin. Dia memperkenalkan hari Ibu melalui buku yang ditulisnya dengan judul Smilling America pada tahu 1943. Mustafa semakin merasa perlu adanya peringatan hari ibu sejak dia mendengar cerita tentang seorang ibu yang sudah menjanda akan tetapi berhasil membesarkan anaknya sehingga menjadi seorang dokter. Akan tetapi setelah sukses menjadi dokter dan menikah, anak tersebut pergi meninggalkan ibunya tanpa rasa terima kasih.

Fakta Perayaan Hari Ibu di Jepang
Di jepang hari ibu dirayakan pada minggu kedua pada bulan Mei. Hari ibu di negara Jepang dikenal dengan sebutan  母の日 (haha no hiyang juga berarti Mother Day. Peringatan hari ibu di Jepang dimulai pada tanggal 6 Maret 1931 dimana hari itu adalah ulang tahun dari Permaisuri Kojun (ibu dari kaisar Akihito). Namun pada tahun 1949 hari ibu di kalibrasikan seperti di Amerika Serikat sehingga menjadi minggu kedua pada bulan Mei. Sama halnya di tempat lain, peringatan hari ibu di Jepang juga dirayakan dengan memerbikan hadiah kepada ibu mereka. Secara tradisional hadiah yang dibawa adalah bunga anyelir merah yang mana menyimbolkan kemurnian dan minis

Itulah beberapa fakta menarik mengenai hari ibu yang ada di Indonesia dan Dunia. Untuk memperingati hari ibu vevnews juga mau mengucapkan selamat hari ibu kepada seluruh ibu yang ada di Indonesi, terimakasih sudah menjadi ibu yang baik dan hebat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Menarik Mengenai Hari Ibu di Indonesia dan Dunia"

Posting Komentar