Tips Menghindari Penipuan Saat Belanja Online

Tips Menghindari Penipuan Saat Belanja Online - Perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini tidak dapat dipungkiri telah banyak merubah beberapa kebiasaan hinga kebiasaan berbelanja. Sekarang ini berbelanja secara online sudah menjadi hal yang lumrah karena sudah banyak juga toko maupun distributor yang memilih memasarkan barangnya dengan cara online shop. Bahkan sekarang ini tidak jarang kita temui beberapa toko online yang besar tidak memiliki toko secara fisik. Kebiasaan berbelanja online juga dinilai bagi sebagian orang lebih menyenangkan dan memudahkan karena kita tidak perlu bersusah payah pergi ke toko untuk mencari barang yang kita butuhkan. Cukup dengan modal perangkat yang dapat menghubungkan kita dengan internet kita sudah bisa mencari barang yang kita butuhkan lalu tinggal transfer dan barang kita akan datang ke rumah dengan sendirinya.



Berbelanja online tentunya juga memiliki resiko dimana terkadang barang yang kita beli tidak sesuai dengan yang kita harapkan karena dengan berbelanja barang secara online kita hanya dapat melihat gambar yang kita beli, dan terkadang gambar tersebut bisa jadi berbeda dengan yang aslinya. Xontohnya saat membeli sepatu yang ternyata kekecilan maupun kebesaran dan masih banyak lagi. Dan resiko yang kedua dari online shop adalah pembeli rentan sekali menjadi korban penipuan, karena  kebanyakan peraturan dalam berbelanja online adalah pembeli harus membayar terlebih dahulu baru barang bisa dikirim dan diantarkan. Walaupun ada beberapa toko online yang menerima rekber atau rekening bersama akan tetapi dalam berbelanja online tetap saja resiko penipuan sangat rentan terjadi pada pembeli. Nah untuk itulah pada kesempatan kali ini vevnews akan memberikan beberapa tips untuk menghindari penipuan saat berbelanja online, berikut tipsnya.


1. Lihat Profil Perusahaan yang Tertera
Sebelum transaksi ada baiknya sobat vevnews terlebih dahulu mengecek profil perusahaan tersebut. Sobat dapat mengecek profil perusahaan dengan melihat halaman tentang kami atau halaman sejenisnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui seperti apa perusahaan tersebut, biasanya toko online yang baik akan mencantumkan alamat toko tersebut, nomor kontak atau juga nama pemiliknya. Agar anda lebih yakin dengan online shop tersebut cobalah untuk menelpon nomor yang tertera atau jika alamatnya di sekitar toko anda, anda bisa coba memgecek alamat tersebut untuk memastikanya.

2. Perhatikan Testimoni Pelanggan
Testimoni dari pelanggan bisa juga dijadikan sobat jadikan acuan untuk mengecek apakah aman atau tidak berbelanja di toko online tersebut. Namun anda juga harus berhati-hati karena bisa saja testimoni yang ada pada halaman web tersebut merupakan testimoni yang dibuat oleh pemilik toko itu sendiri. Sobat harus cermat jika melihat testimoni yang diberikan terlihat lebay dan jurang masuk akal maka sobat vevnews harus waspada.

3. Mengecek Bukti atau Resi Pengiriman
Cara berikutnya yang dapat anda gunakan untuk melihat apakah online shop tersebut dapat dipercaya atau tidak adalah dengan mengecek bukti atau resi pengiriman. Cobalah meminta bukti pengiriman yang pernah dilakukan oleh online shop tersebut dan usahakan untuk mencermati bukti pengiriman tersebut. Cobalah untuk mengecek bukti pengiriman tersebut langsung pada jasa pengiriman yang bersangkutan, cek apakah memang benar toko online tersebut pernah melakukan pengiriman menggunakan jasa pengiriman tersebut.

4. Mencari Info di Tempat Lain
Biasanya banyak sekali keluhan-keluhan konsumen tentang produk yang dibeli maupun tentang tempat membeli produk tersebut di forum-forum online. Cara mudahnya adalah dengan mngetik nama online shop tersebut pada mesin pencari dan tinggal menambahkan kata penipuan atau mengecewakan atau kata-kata lainya yang mana bisanya jika ada konsumen yang pernah menceritakan masalahnya dengan toko online tersebut di sebuah forum di internet maka mesin pencari langsung akan memberikan opsi-opsi yang bersangkutan tentang online shop tersebut.

5. Jangan Terlena Dengan Harga yang Murah
Sangat banyak sekali kasus dimana konsumen atau pembeli tertipu karena harga yang murah. Padahal kalau dipikir secara logika tidak mungkin sebuah barang dapat dijual dengan harga yang lebih murah kalau bukan karena barang tersebut merupakan barang gelap, barang replika atau juga barang curian. Jadi jangan mudah tertipu dengan harga barang yang murah ya sibat vevnews.

6. Bertanyal Pada Teman Anda
Kalau anda masih ragu untuk berbelanja pada salah satu toko online, mungkin anda bisa mencoba bertanya pada teman anda yang biasa sering berbelanja online. Sobat dapat meminta rekomendasi dari teman tersebut tentang situs online yang terpercaya.
MaluJangan

Jangan

Terlena

dengan

Harga

yang

Murah

Minta

B

Jangan

T

Ha

de

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghindari Penipuan Saat Belanja Online"

Posting Komentar