Hewan-Hewan Berwarna Putih yang Unik

Hewan-Hewan Berwarna Putih yang Unik - Hewan dengan tubuh berwarna putih memang jarang sekali dapat kita temui. Pada beberapa kasus warna putih itu sendiri merupakan kelainan pigmen seperti halnya manusia yang biasa disebut dengan albino. Apakah kalian pensaran dengan hewan apa saja yang memiliki warna tubuh putih nan unik ini? berikut laporanya.

1. Harimau Putih
Harimau merupakan salah satu kucing terbesar di dunia. Haramau putih sendiri memiliki warna yang luar biasa indah, dimana ia memiliki mantel berwarna putih krem dengan belang atau garis-garis berwarna hitam, mata berwarna biru cerah dan hidung yang mencolok dengan warna pink. Warna putih dari harimau itu sendiri diakibatkan oleh alel resesif ganda dalam kode genetik dan hanya terjadi sekitar 10.000 kelahiran. Hingga saat ini hanya tersisa sekitar 200 harimau putih di dunia.


2. Singa Putih
Singa putih yang pernah ditemukan di suaka margasatwa di Afrika Selatan merupakan mutasi warna yang langka dari subspesies Kruger singa (Panthera Leo Krugeri). Singa dengan warna putih bukanlah singa albino akan tetapi warna putih ini disebabkan oleh gen resesif atau dikenal dengan inhibitor chinchilla warna.


3. Gajah Putih
Di beberapa tempat gajah putih merupakan hewan yang dianggap suci. Di negara-negara seperti Thailand, Burma, Kamboja dan India, gajah putih memiliki tmpat khusus. Untuk memlihara hewan ini diperlukan usaha yang sangat mahal, karena pemiliknya harus menyediakan gajah dengan makanan khusus dan menyediakan kases bagi orang-orang yang ingin menyembahnya.


4. Buaya Putih
Mungkin kalau di Inonesia sudah dibilang buaya jadi-jdaian hehe. Buaya putih sendiri termasuk dalam keluarga Aligatoridae dengan nama ilmiah Mississippie Aligator. Buaya putih ini pertama kali ditemukan pada tahun 1987 dan dibawah perawatan dan perlindungan di kebun binatang Lousiana. Seperti halnya buaya lainya mereka juga hidup di rawa air tawar, danau dan sungai. Buaya dengan warna putih sendiri memiliki dua jenis yaitu yang putih karena albino atau yang putih karena memang memiliki warna yang putih (Leucistics), dan yang membedakan kedua jenis ini adalah buaya putih albino memliki mata dengan warna yang merah, sedangkan leucistics memiliki warna mata yang biru.

5. Jerapah Putih
Jerapah putih termasuk salah satu hewan berwarna putih yang sangat langka. Jerapah putih pernah difoto oleh Nyonya K Little di Botswana pada tahun 2006, sedangkan catatan lain menyebutkan kalau jerapah putih tercatat pernah di temukan di Tanzania pada tahun 1993.


6. Merak Putih
Merak putih cukup banyak kita temui di taman dan kebun binatang di berbagai tempat. Merak putih sendiri dikenal sebagai Merak Albino, padahal secara teknis warna putih mereka bukanlah akibat kelainan kulit melainkan varian genetik dari merak biru India.


7. Koala Putih
Selain kanguru, koala juga merupakan salah satu hewan berkantung khas dari Australia dan merupakan satu-satunya wakit dari keluarga Phascolarctidae. Pada tahun 2007 telah ditemukan koala putih yang memiliki hidung hitam dan mata yang kuning dan warna putih tersebut disebabkan oleh gen resesif.

8. Kura-Kura Putih
Kura-kura putih sebenarnya merupakan hewan yang unik dan sangat jarang dapat ditemui. Kura-kura ini ditemukan di Cina tepatnya di provinsi Henan. Kura-kura putih mendapat tempat tersendiri dalam budaya cina. Kura-kura putih memiliki panjang tubuh 40cm dan berat 6,5 kg. Tubuhnya berwarna putih dengan bintik-bintik merah muda dan pudar.


9. Lumba-Lumba Putih
Menurut pendapat beberapa ahli, warna putih yang terdapat pada lumba-lumba adalah akibat dari bembulu darah mereka yang mampu berubah dan beradaptasi dengan lingkungan dan suhu dimana dia tinggal. Lumba-lumba putih sendiri terkadang dapat berubah warna menjadi abu-abu atau merah muda tergantung dimana tempat mereka tinggal.


10. Kelelawar putih
Kelelawar salju Honduras memiliki bulu yang berwarna putih dan kuning pada hidung dan telinganya. Kelelawar ini memiliki tubuh yang kecil hanya 37-47 mm. Kelelawar putih sendiri ditemukan di Amerika Tengah dan Karibia. 

11. Gorilla Putih
Snowflake merupakan salah satu gorila albino yang berhasil diselamatkan. Snowflake sudah hidup hampir selama 40 tahun sebelum akhirnya meninggal pada tahun 2003 karena kanker kulit. Kebanyakan gorila hanya mampu hidup selama 25 tahun, sehingga snowflake sudah berhasil memecahkan rekor dunia. Gorila ini telah melakukan 22 kali pembuahan namun tidak ada satupun keturunanya yang berwujud albino.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hewan-Hewan Berwarna Putih yang Unik"

Posting Komentar