Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara

Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara - Nasi goreng? telor ceplok? atau mungkin mie instan? roti selai? yup mungkin sekitar itulah menu sarapan yang biasa kita santap. Di Indonesia sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali menu yang biasanya di sajikan untuk sarapan mulai dari bubur ayam sampai nasi kuning. Nah tentunya semua makanan tersebut unik, akan tetapi apakah anda pernah bertanya-tanya kira-kira apa saja menu sarapan unik di berbagai negara? Jik anda penasaran akan menu sarapan unik di berbagai negara ini dia kami beri liputanya.

 1. Chawanmushi (Jepang)
Mungkin chawanmushi tidak sefamiliar tempura, susi atau makanan Jepang lainya. Makanan yang satu ini memiliki bentuk menyerupau custarf atau puding telur. Tetapu kalau puding telur biasa dimakan untuk hidangan penutup, sedangkan chawanmushi justru dijadikan salah satu menu sarapan oleh orang Jepang. Bahan utama pembuatan chawanmushi adalah telur dan juga kaldu dashi yang kemudian dituangkan ke dalam mangkuk keramik atau cawan tanah liat kemudian dikukus. Chawanmushi memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang sangat lembut, seperti tahu sutra. Jika telah matang maka akan diberi taburan shitake, udang, irisan daging ayam atau kamaboko.

Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara

2. Huitlacoche (Meksiko)
Huitlacoche merupakan sebuah menu sarapan yang biasa disantap oleh orang-orang meksiko. Huitlacoche adalah jagung yang gagal panen karena terkena jamur Ustilago Maydis. Makanan ini memiliki warna kehitaman seperti jagung yang sudah lama (bususk). Menurut warga meksiko jagung yang terkena jamur seperti ini justru terasa lezat. Rasanya seperti memakan jamur. Harganya pun lebih mahal dari jagung biasa. Huitlacoche mengandung protein yang sangat tinggi dan biasanya dijadikan bahan untuk isian taco dan tamale atau juga biasa digunakan sebagai bahan campuran omelet.
Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara

3. Haggis (Skotlandia)
Haggis merupakan salah satu varian dari black pudding atau puding hitam yang merupakan sosis darah. Dari tampilan luar, makanan ini terlihat seperti sosis biasa, tetapi bahan utamanya bukan danging cincang, melainkan organ dalam hewan dan juga darah hewan. Dalaman dari haggis sendiri terbuat dari jantung, liver, dan paru domba yang dibumbui dengan bawang bombay dan bumbu-bumbu lainya kemudian direbus selama beberapa jam. Jika telah matang maka tinggal dimasukan ke dalam wadah sosis. 
Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara

4. Filmjlk (Negara-Negara Skandinavia)
Salah satu makanan yang populer di negara-negara skandinavia adalah Filmjlk. Filmjlk sendiri adalah makanan yang terbuat dari susu yang digfermentasikan. Setelah matang hasilnya akan mirip dengan yogurt. Tetapi bakteri yang digunakan untuk membuat Filmjlk berbeda dengan yogurt. Filmjlk memiliki tekstur yang kental dengan panduan rasa gurih dan sedikit asam. Penduduk Skandinavia sendiri biasanya memakanya dengan cara mencampurkan sereal ke dalamnya. Biasanya juga untuk menambah rasa, Filmjlk bisa ditambah gula, selai, saus apel, kayu manis dan juga potongan buah segar.
Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara

5. Pho (Vietnam)
Pho adalah salah satu menu sarapan di Vietnam. Pho adalah sup mie yang terbuat dari bihun yang disajikan dengan cara disiram dengan kuah bening dan juga segar. Kuah dari pho sendiri terbuat dari kaldu sapi atau ayam yang dibumbui dengan basil dan jeruk nipis. Biasanya penyajianya dilengkapi dengan kecambah. Makanan ini juga sangat mudah kita temui pada kedai kaki lima di pinggira jalan di Vietnam.
Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara

6. Syrniki (Rusia, Belarusia, Lithuania, Polandia, Ukraina)
Syrniki sejatinya adalah pancake ala Amerika akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil. Yang membedakan syrniki dengan pancake adalah panambahan quark, sejenis keju yang terbuat dari susu asam. Karena untuk mematangkanya dengan cara digoreng, bagian luar syrniki terasa garing dan juga renyah, sedangkan bagian dalamnya terasa lembut. Sebelum dimakan biasanya ditambahkan dengan krim asam atau madu.
Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara

7. Scrapple (Kawasan Atlantik)
Scrapple adalah hidangan sarapan di kawasan atalntik yang terbuat dari organ dalam serta sisa daging babai yang tidak terpakai. daging sisi tersebut kemudian direbus, dicincang, dicampur dengan tepung maizena, lalu dibentuk persegi seperti meatloaf lalu digoreng di dalam minyak panas. Makanan ini sebenarnya sengaja dibuat untuk memanfaatkan bagian dari babi yang tak terpakai. Makanan ini sangat populer di negara bagian seperti Delaware, Maryland, New Jersey, Pennsylvania dan Virginia.
Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara

8. Bubur Dengan Telur Seribu Tahun (China)
China bisa dikatakan salah satu pusatnya kuliner. Salah satu menu sarapan yang biasa mereka santap adalah bubur dengan telur seribu tahun. Sebenarnya makanan ini mirip dengan bubur ayam akan tetapi yang membuat makanan ini berbeda dengan bubur ayam adalah penggunaan topingnya yaitu telur seribu tahun. Telur seribu tahun atau telur hitam adalah makan khas tionghoa yang dibuat dari telur ayam maupun bebek. Hampir sama dengan telur asin di Indonesia, telur ini dbuat dengan cara diasinkan dalam campuran tanah liat, abu, garam, kapur dan sekam padi selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Jika sudah matang telur ini akan berawrna hitam atau coklat gelap transparan dan bagian kuning telurnya akan berubah warna menjadi hitam kehijauan seperti telur busuk. 

Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara

Kira-kira menu mana yang paling membuat anda ingin mencicipinya saat sarapan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menu Sarapan Unik di Berbagai Negara"

Posting Komentar