Tips Informasi Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Tips Informasi Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita - Menjaga kesehatan reproduksi wanita sangatlah penting agar bebas dari penyakit dan juga aman saat melakukan hubungan seks. Untuk itulah mengapa wanita wajib untuk menjaga alat reproduksinya tersebut. Kira-kira bagaimana ya cara menjaga kesehatan reproduksi wanita tersebut, berikut penjelasanya.

Tips Informasi Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita


  1. Kebersihan vagina dapat dijaga dengan cara membersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil maupun besar, dengan menggunakan air bersih dengan arah dari depan ke belakang.
  2. Sebisa mungkin hindarilah aktifitas (dounching), yaitu aktifitas memasukan jari atau ejakulasi ke dalam vagina, walaupun hal tersebut memiliki tujuan untuk membersihkan bagian dalam vagina. Akan tetapi aktifitas tersebut dapat menghilangkan bakteri lactobacili yang juga dapat memicu iritasi kulit.
  3. Jangan lupa untuk mengganti pembalut sesering mungkin pada saat memasuki masa awal siklus menstruasi, apalagi saat awal haid yang biasanya banyak mengeluarkan darah.
  4. Ada beberapa wanita yang alergi dan juga sensitif terhadap kandungan pewangi maupun busa yang dihasilkan oleh sabun. Untuk itu hindarilah menggunakan sabun ataupun shower gel pada vagina karena dapat mengakibatkan kering dan juga iritasi kulit yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa gatal.
  5. Sebelum melakukan hubungan antar suami dan istri, sebaiknya bersihkan dulu alat kelamin masing-masing dan juga setelah selesai melakukan hubungan suami istri tersebut. Dan juga guna mengurangi resiko terkena infeksi kandungan kemih, maka sebaiknya buang air kecil kurang setengah jam setelah berhubungan badan.
  6. Jika anda sedang mengalami keputihan sebaiknya gunakanlah panty liner. Dan juga saat tidur sebaiknya jangan menggunakan celana dalam agar sirkulasi udara dan juga darah lebih lancar.
  7. Sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan pembersih vagina yang dijual di pasaran, karena dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik dan juga dapat mengubah ph vagina. Sebagai indikasi bagaimana cara melihat suatu produk pembersih yang bagus atau tidak yaitu dengan cara melihat efek dari pembersih vagina tersebut. Jika setelah digunakan ternyata menimbulkan rasa gatal dan kemerah-merahan.
Itulah ke 7 tips informasi menjaga kesehatan reproduksi wanita, semoga informasi yang diberikan bisa membantu ya, terimakasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Informasi Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita"

Posting Komentar