Tombol Shortcut key Komputer yang Paling Sering Digunakan

Tombol Shortcut key Komputer yang Paling Sering Digunakan  - Bagi anda yang sudah sering menggunakan komputer tentunya anda sudah tau dong dengan beberapa kombinasi tombol yang sering digunakan untuk memberi sebuah perintah. Kombinasi tombol tersebut disebut dengan shortcut. Shortcut sendiri dibuat untuk mempermudah kita agar lebih cepat dalam melakukan kegiatan di komputer kita. 

Contohnya saja jika anda ingin meng-copy suatu file tentunya secara prosedur maka akan melakukan setidaknya dua langkah yaitu klik kanan pada file yang akan di-copy lalu memilih pilhan copy, setelah itu anda masuk pada sebuah folder yang akan anda gunakan untuk menaruh hasil copyan tersebut lalu anda klik kanan lagi dan memilih paste.  

Tombol Shortcut key Komputer yang Paling Sering Digunakan
Tombol Shortcut key Komputer yang Paling Sering Digunakan 

Jadi jika dihitung langkah yang anda gunakan sekitar 4 langkah sedangkan jika anda menggunakan shortcut yang cukup anda lakukan adalah menekan Ctrl+C pada file yang akan di-copy dan tinggal menekan Ctrl+V untuk menaruh file tersebut pada folder yang telah anda siapkan. Nah jika dihitung maka anda hanya memerlukan dua langkah saja jika anda menggunakan shortcut sehingga anda dapat menghemat waktu apalagi jika dalam sehari anda melakukan banyak aktifitas copy dan paste. Nah kira-kira apa saja ya shortcut apa saja yang sering orang gunakan untuk mempermudah aktifitasnya?

1. CTRL + C
Tentunya aktifitas meng-copy sesuatu di dalam komputer hampir pasti sangat sering dilakukan, entah itu meng-copy file word, file musik, film dan lain sebagainya. Seperti yang sudah sedikit di jelaskan di atas bahwa CTRL + C memiliki fungsi untuk meng-copy. CTRL+C merupakan shortcut dari perintah copy

2. CTRL + X
CTRL + X memiliki fungsi yang hampir sama dengan CTRL+C. Yang membuat kedua fungsi ini berbeda adalah, jika CRTL+C itu berfungsi untuk memindahkan sebuah file dimana file yang dipindah tersebut tidak tetap masih ada pada folder sebelumnya sehingga file tersebut menjadi dobel sedangkan CTRL+X berfungsi untuk memindahkan suatu file akan tetapi file yang dipindahkan tersebut akan hilang pada folder sebelumnya sehingga file tesebut tidak terduplikasi. CTRL+X merupakan shortcut dari Cut.

3. CTRL + V
CTRL+V sendiri merupakan shortcut dari paste atau tempel. Jadi CTRL+V sendiri merupakan lanjutan dari kombinasi CTRL+C dan CTRL+X dimana setelah kita meng-copy maupun meng-cut sebuah file kita tinggal menempelkanya pada folder baru yang ingin kita gunakan untuk memindahkan file tersebut.

4. CTRL+Z
Shortcut ini biasa sering digunakan saat sedang mengetik atau juga sedang membuat gambar, karena fungsi dari CTRL+Z ini sendiri adalah meng-undow atau mengembalikan pada perintah sebelumnya, jadi misalnya anda sedang mengetik sebuah cerita dan tanpa sengaja anda menghapus beberapa kalimat atau paragraf maka anda tidak perlu mengetik ulang kalimat dan paragraf yang terhapus tersebut, cukup dengan menekan tombol CTRL+Z maka semua kalimat maupun paragraf yang terhapus tersebut akan kembali.

5. CTRL+A
Sellect All File merupakan fungsi dari CTRL+A. Shortcut ini memiliki fungsi untuk memilih semua kontent yang ada di tempat pada saat kita menekanya. Misalnya anda sedang berada pada halaman ketikan word anda, maka jika anda menekan shortcut ini semua ketikan anda akan terpilih atau ter block.

6. ALT+F4
Ini merupakan salah satu perintah exit maupun quit, Kombinasi ALT+F4 memiliki fungsi perintah untuk menutup sebuah aplikasi yang sedang berjalan dan ini sama saja dengan anda menekan tombol x yang ada di ujung tampilan aplikasi komputer yang sedang anda jalankan.

Itu dia beberapa shortcut yang paling sering orang-orang gunakan untuk mempermudah aktifitas mereka saat sedang berinteraksi dengan komputer. Kira-kira shortcut mana nih yang paling sering sobat vevnews gunakan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tombol Shortcut key Komputer yang Paling Sering Digunakan "

Posting Komentar