Beberapa Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Beberapa Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan - Ada istilah yang mengatakan bahwa tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Sepertinya istilah tersebut hanyalah dianggap lelucon bagi sebagian orang akan tetapi sebenarnya istilah tersebut mengajak orang untuk sejenak melupakan masalah dengan tertawa. Hal tersebut tidaklah salah karena dengan tertawa dapat membuat masalah seseorang menjadi lebih ringan dan juga tertawa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah kira-kira apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dengan tertawa? berikut ulasanya.

Beberapa Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan
Beberapa Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan


Meningkatkan Psikologis Seseorang
Selera humor sesorang ternyata dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dari orang tersebut. Tidak hanya kemampuan berkomunikasi saja yang dapat meningkat akan tetapi kreativitas dan juga kinerja secara keseluruhan dalam bekerja juga dapat meningkat. Kemampuan dalam hal menghargai sebuah humor dan juga kemampuan membuat orang lain tertawa sebetulnya memiliki efek psikologis pada tubuh yang dapat menyebabkan orang semakin terikat secara emosional.

Membakar Kalori
Dengan tertawa lepas sekitar 10 sampai 15 menit ternyata dapat meningkatkan pengeluaran energi, meningkatkan denyut jantung, dan juga dapat membakar hingga 40 kalori. Namun hal ini tidak dapat menerunkan berat badan ya hehe.

Membuat Perasaan Menjadi Lebih baik
Saat seseorang tertawa lepas maka ia akan meningkatkan hormon endofirin yang dapat mengurangi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dan bahkan hanya dengan menonton acara komedi maka efeknya dapat bertahan hingga 24 jam.

Terhindar dari Penyakit Jantung
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa rasa humor yang dapat menghindarkan seseorang dari resiko serangan jantung. Tertawa juga dapat melebarkan pembulu darah sehingga darah mengalir lebih bebas. Dan juga selain itu tertawa juga dapat mengurangi lemak dan kolesterol yang menumpuk di arteri koroner yang dapat melindungi jantung.

Meningkatkan Harapan dan Harga Diri
Dengan menonton sebuah acara komedi selama 15 menit ternyata dapat mengurangi kekhawatiran seseorang tentang kesehatan maupun karier. Tertawa juga dapat menggantikan pikiran negatif dengan yang positif dan juga membatu merumuskan rencana untuk menyelesaikan masalah. Hal ini sangat dapat meningkatkan perasaan, harapan hidup dan harga diri karena dapat mengatasi beban pikiran dengan jauh lebih mudah.

Memperluas Pikiran Seseorang
Saat seseorang tertawa bahagia karena suatu hal yang lucu dapat mengurangi sempitnya pandangan terhadap suatu masalah dan membuat anda berpikir dari prespektif yang lebih luas.

Membantu Anak-Anak Menahan Rasa Sakit
Saat anak-anak menonton film kartun yan lucu dapat membantu mereka dalam mengatasi rasa sakit akibat prosedur yang menyakitkan, seperti suntikan imunisasi atau pemeriksaan ke dokter gigi. Anak juga cepat melupakan rasa sakitnya ketika melihat hal-hal lucu yang disukainya.

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Hormon stres dapaat berkurang saat seseorang tertawa, hal ini memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh untuk berfungsi lebih baik. Tertawa juga dapat mempromosikan pertukaran oksigen dengan karbondioksida sehingga membantu membersihkan saluran udara. Tertawa juga dapat mempromosikan otot dan sandi yang selama ini tegang karena beratnya pekerjaan.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Beberapa Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan"

  1. Bagi saya tertawa mempunyai khasiat sebagai obat awet muda


    Numpang iklan ya gan, hehehe . . .

    obat pemutih gigi di apotik
    jual obat pelangsing badan

    BalasHapus
  2. Manfaat Tersembunyi Tertawa Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    BalasHapus
  3. Tidak satupun cara untuk sehat lebih hebat dibanding manfaat tertawa . Bahkan Tertawa ternyata dapat memberikan efek psikologis yang besar seperti melepaskan emosi negatif dan melemaskan otot sehingga dapat meredakan stres, menstabilkan tekanan darah dan mereduksi ketegangan.

    BalasHapus