Mengapa Jalanan Aspal Mudah Sekali Rusak

Mengapa Jalanan Aspal Mudah Sekali Rusak - Bagi kita pengguna jalan tentunya sudah sangat tidak asing dengan jalanan aspal yang rusak dengan banyak lobang sehingga sangat membahayakan. Apalagi saat memeasuki musim hujan biasanya keadaan jalan aspal akan semakin parah dengan banyak genangan yang tentunya akan mengakibatkan banyak lubang-lubang baru yang bermunculan. Mungkin dari sebagian sobat bertanya-tanya mengapa hal itu (jalan berlubang) sepertinya mudah sekali terjadi. apa karena kualitas aspal yang digunakan buruk? atau mungkin memang sengaja dibuat agar cepat rusak sehingga proyek perbaikan jalan selalu ada? Untuk itulah kali ini vevnews akan mencoba memberikan beberapa faktor mengapa jalanan aspal mudah sekali rusak.

Mengapa Jalanan Aspal Mudah Sekali Rusak
Mengapa Jalanan Aspal Mudah Sekali Rusak


1. Air
Air dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya jalanan aspal mudah rusak dan berlubang. Makanya tidak heran saat musim hujan banyak sekali terdapat lubang-lubang baru di jalanan. Sebenarnyaa saat air menggenangi jalan aspal tersebut, air masuk ke dalam celah-celah aspal dimana semakin lama air itu menggenang maka akan membuat pondasi dan daya rekat aspal akan semakin berkurang. Apalagi di tambah dengan beban kendaraan yang lewat maka akan semakin memperparah kondisi jalan tersebut. 

2. Kelebihan Beban Kendaraan
Seharusnya jika sesuai standar maka sangat direkomendasikan bahwa aspal pada dasarnya tidak dapat dilewati semua kendaraan apalagi kendaraan dengan roda 6 yang memiliki berat hingga 5 ton ke atas. Jalanan aspal tentunya memiliki batasan kekuatan dalam menahan beban. Hal ini sangat berbeda dengan jalanan beton yang memiliki kekuatan untuk menahan beban segala jenis mobil. Kerusakan aspal yang diakibatkan oleh kelebihan beban memang tidak akan berlangsung dengan cepat melainkan perlahan dan bertahap dimana semakin lama maka aspal jalan yang sering dilalui oleh kendaraan yang berat akan kalah dan rusak.

3. Akar Pohon
Ternyata akar pohon yang berada di pinggir jalan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya aspal berlubang. Untuk itu saat hendak menanam pohon di pinggir jalan biasanya sudah di antisipasi dengan menanam dengan jarak tertentu seperti 3-5 meter. Hal tersebut dilakukan karena tidak ada yang bisa menentukan ke mana arah pertumbuhan akar pohon nantinya. Jika akar pohon sudah menjalar di bawah aspal maka dapat terjadi pembengkakan aspal. Dalam jangka panjang tentunya akan yang berada di bawah aspal ini akan mengakibatkan aspal retak secara perlahan-lahan.

4. Faktor Lingkungan
Ada beberapa faktor lingkungan yang juga dapat mengakibatkan jalanan aspal mudah rusak dan berlubang. Misalnya saja sebuah jalan aspal yang terdapat di sebuah desa maupun pemukiman dimana terdapat sebuah talang yang langsung menghadap ke jalan sehingga saat musim hujan air dari talang tersebut langsung jatuh ke jalan. Jalanan yang kurang dan jarang terkena cahaya juga dapat menjadi penyebab rusaknya aspal karena saat musim hujan jalan yang kurang terkena cahaya tersebut akan lama keringnya sehingga membuat jalan tersebut menjadi lebih lembab dan tentunya akan membuat jalan ceapat rusak.

5. Korupsi
Mungkin ini tidak berhubungan langsung dengan jalan aspal tersebut, akan tetapi dana untuk membuat jalan yang dikorupsi tentunya akan membuat kualitas jalan semakin buruk karena uang yang seharusnya digunakan untuk membuat jalan aspal secara maksimal tidak digunakan sebagimana seharusnya. Yang pada akhirnya jalan akan dibuat seadanya dengan bahan dan kualitas yang buruk sehingga akan mudah sekali rusak dan berlubang.

Itulah beberapa faktor penyebab mengapa jalanan aspal mudah sekali rusak. Ternyata memang banyak sekali faktor yang menyebabkan jalanan aspal mudah berlubang mulai dari air, kelebihan beban kendaraan, akar pohon, faktor lingkungan bahkan korupsi. Nah kalau menurut sobat apa lagi nih yang mengakibatkan jalan aspal mudah berlubang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Jalanan Aspal Mudah Sekali Rusak"

Posting Komentar