Tindakan Pertama Saat Mimisan

Tindakan Pertama Saat Mimisan - Setelah kemarin membahas mengenai tindakan pertama saat bayi jatuh dari tempat tidur, kali ini kami akan membahas mengenai tindakan pertama saat mimisan. Mimisan bisa terjadi atau diakibatkan oleh beberapa hal, seperti adanya hantaman atau pukulan yang mengenai hidung, iritasi pada membran mukosa hidung karena berusaha mengeluarkan sesuatu secara berulang ulang dari rongga hidung maupun karena terkena infeksi. 

Pertolongan Pertama Saat Mimisan
Tindakan Pertama Saat Mimisan


Menurut buku yang berjudul "First Aid" yang ditulis oleh Stanley M. Zildo, kebanyakan pendarahan pada hidung yang terjadi pada anak-anak tidaklah berbahaya akan tetapi jika terjadi pada orang tua maupun orang dewasa maka hal ini akan sangat dapat menjadi masalah yang serius dan tentunya memerlukan penanganan medis. Dalam beberapa kasus ada gejala mimisan yang tentunya sangat perlu untuk diwaspadai

Gejala - Gejala Mimisan yang Perlu Diwaspadai


  • Jika terjadi mimisan yang berlangsung lebih dari 30 menit dan jika anda atau orang terdekat anda mengalaminya sebaiknya segera di bawa ke rumah sakit.
  • Mimisan dengan jumlah atau volume darah yang sangat banyak.
  • Sering mengalami mimisan seperti lebih dari sekali dalam seminggu.
  • Detak jantung yang tidak beraturan.
  • Susah bernafas
  • Muntah darah karena menelan banyak darah.
  • Kulit menjadi pucar.
  • Mimisan disertai pendarahan pada bagian tubuh seperti gusi.
Itu adalah beberapa gejala-gejala dari mimisan yang perlu untuk anda waspadai. Nah lalu bagaimana dengan tindakan dan pertolongan pertama pada saat terjadi mimisan? berikut penjelasannya

Pertolongan Pertama Saat Mimisan

  1. Suruh korban (orang yang mimisan) untuk duduk dengan badan yang dicondongkan ke depan lalu jaga mulut agar tetap terbuka agar darah tidak menutup jalannya napas.
  2. Pencet hidung selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu tekan bagian bawah tulang hidung pada bagian ujungnya dan lepaskan perlahan.
  3. Jangan sampai korban mengeluarkan ingus. Apabila perndarahan masih terus berlangsung maka pencet lagi hidungnya selama 5 menit dan pastikan korban untuk tidak menelan darah yang keluar.
  4. Ambil kain basah maupun es yang yang dibungkus menggunakan kain. Lalu tempelkan pada hidung dan muka korban untuk mempersempit pembulu darah.
  5. Bila pendarahan masih terus berlanjut dan ada indikasi terjadi patah tulang maka segeralah bawa ke rumah sakit.

Itulah beberpa penjelasan mengenai gejala yang perlu diwaspadai pada orang mimisan dan jiga tindakan pertama yang harus dilakukan pada saat mimisan. Semoga artikel mengenai tindakan pertama saat mimisan ini bisa memberikan tambahan pengetahuan dan pastinya info yang bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tindakan Pertama Saat Mimisan"

Posting Komentar