Tindakan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Tindakan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur - Tentunya memiliki bayi merupakan keinginan setiap pasangan yang baru menikah. Perkembangan bayi hingga memasuki usia batita tentunya akan sangat menggemberikan orang tua dimana bayi akan semakin aktif-aktinya dan semakin ingin tahu. Proses perkembangan tersebutlah yang harus diperhatikan oleh orang tua karena pada masa - masa tersebut bayi akan sangat rawan terjatuh. Kasus bayi terjatuh dari tempat tidur sepertinya memang sangat banyak terjadi karena pada masa perkembangan itulah bayi mulai bereksplorasi kemana-mana dan juga berguling guling kesana kemari hingga mulai merambat di dindiing.

pertolongan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur


Untuk itulah pada masa-masa perkembangan tumbuh tersebutlah orang tua harus sangat waspada dan awas terhadap buah hati mereka. Berbeda dengan bayi yang belum lama lahir yang memiliki banyak waktu tidur dan belum bisa bergerak kemana - mana sehingga orang tua masih memiliki banyak waktu yang luang. Akan tetapi seiring dengan bertumbuhnya bayi dan juga dengan kesibukan orang tua maka akan membuat pengawasan orang tua terhadap bayi menjadi sangat kurang, sehingga saat lengah bayi bisa saja terjatuh dari ranjang. Banyak sekali orang tua yang memiliki pengalaman jatuh dari tempat tidur. Untuk itulah jika anda belum memiliki pengalaman tersebut sebaiknya anda tidak perlu panik dan segeralah memberikan pertolongan maupun tindakan pertama saat bayi jatuh dari tempat tidur.

Pertolongan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur



  1. Saat anda menemukan bayi anda terjatuh dari tempat tidur segera angkat bayi anda lalu gendong dan tenangkan karena biasanya bayi yang terjatuh dari tempat tidur akan menangis dan gendongan atau dekapan anda sebagai orang tua dapat membuatnya tenang sambil di timang-timang.
  2. Setelah itu periksalah pada bagian kepala dan juga badannya adapakah ada luka maupun memar atau benjol. Jika benjol atau memar anda bisa mengatasinya dengan mengkompres dengan es, atau juga bisa dengan diolesi dengan minyak tawon. Bila terdapat luka berdarah segera tekan luka tersebut dengan kapas bersih selama kurang lebih 10 menit hingga pendarahan berhenti dan setelah itu segara bawa ke dokter atau tenaga medis terdekat.
  3. Jika bayi yang jatu tidak terdapat luka dan juga sudah tenang dan tidak nangis maka berikanlah ASI (untuk yang memberikan ASI) atau botol susu (untuk yang memberikan susu formula). Karena biasanya bayi yang diberi susu akan tertidur.
  4. Yang harus anda waspadai saat bayi anda terjatuh dari tempat tidur adalah jika bayi anda sampai pingsan atau tertidur tapi susah dibangunkan, muntah, kejang pada wajah maupun anggota gerak. Segeralah bawa ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.
  5. Agar dapat menjegah bayi anda terjatuh dari ranjang atau tempat tidur maka anda bisa memasang bumper di ranjangnya atau gunakan ranjang yang tidak terlalu tinggi selama bayi anda masih dalam masa ini dan kalau mau aman bisa juga dengan menggunakan kasur tipis di lantai.


Itulah beberapa tindakan yang bisa dan harus anda lakukan saat mendapat bayi anda terjatuh dari tempat tidur. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tindakan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur"

  1. terima kasih atas infonya kak, tapi semoga hal ini tidak terjadi di keluarga saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sama-sama, amin semoga tidak yang penting orang tua harus tetap waspada

      Hapus