Mengapa di Usia Remaja Sudah Tumbuh Uban?

Rambut putih atau uban sangat identik dengan orang yang sudah tua atau berumur. Namun mengapa ada saja uban yang tumbuh di orang yang usianya masih muda dan tentunya masih belum berumur. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan rambut uban bisa tumbuh pada orang yang masih berusia muda. Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya uban di usia dini 

Mengapa di Usia Remaja Sudah Tumbuh Uban?
Mengapa di Usia Remaja Sudah Tumbuh Uban?

Kurang vitamin
Jika tubuh kekurangan vitamin B ternyata dapat menyebabkan gangguan pigmen pada rambut. Hal tersebut mengakibatkan pigmen yang berwarna hitam menjadi berkurang dan akan menyebabkan rambut berubah menjadi putih.

Kelainan kelenjar tiroid
Dalam sebuah penelitian yang diadakan oleh Universitas Michigan menyebutkan bahwa kelainan pada kelenjar tiroid dapat memicu ketidakseimbangan hormon. Jika terjadi hipotiroid maka uban akan muncul pada usia muda. 

Keturunan
Faktor lainnya adalah keturunan atau gen yang membuat sel-sel rambut memproduksi warna atau pigmen yang banyak dipengaruhi oleh bawaan atau keturunan. Jika pada garis keturunan terdapat orang-orang yang pada usia dini sudah memiliki uban maka kemungkinan anda juga akan mengalaminya. 

Kekurangan sebum
Sebum merupakan zat yang memiliki fungsi untuk melembabkan rambut. Jika kekurangan zat yang satu ini maka akan membuat rambut berubah menjadi kering dan berubah warna menjadi putih maupun abu-abu.

Rokok dan juga alkohol
Kedua hal ini merupakan salah satu pemicu terjadinya uban pada remaja. Jadi sangat disarankan sebisa mungkin untuk tidak menyentuh rokok dan juga alkohol di usia muda dan seterusnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa di Usia Remaja Sudah Tumbuh Uban?"

Posting Komentar