Mengapa Banteng Mengamuk Ketika Melihat Sesuatu yang Berwarna Merah?

Mengapa Banteng Mengamuk Ketika Melihat Sesuatu yang Berwarna Merah? - Akhir-akhir ini negara Spanyol sedang terkenal dengan sepakbolanya karena negara tersebut sedang berprestasi di kanca Eropa dan juga dunia, ditambah lagi klub-klub bola yang berasal dari Spanyol juga sedang menjadi raja di Eropa dan Dunia. Namun Spanyon sendiri memiliki julukan sebagai negara matador. Matador secara harafiah berarti membunuh dan matador sendiri adalah orang yang melawan banteng dalam sebuah pertarungan langsung antara manusia melawan banteng. Yang unik dari matador adalah dia bersenjatakan pedang dan juga kain merah untuk menghadapi si banteng. Lalu mengapa kain yang digunakan sang matador adalah kain yang berawarna merah? Banyak yang mengatakan itu karena kain yang berwarna merah dapat membuat banteng menjadi marah. Lalu benarkah banteng membeci warna merah?

Mengapa Banteng Mengamuk Ketika Melihat Sesuatu yang Berwarna Merah?
Mengapa Banteng Mengamuk Ketika Melihat Sesuatu yang Berwarna Merah?

Fakta Menganai Banteng dan warna merah


Banteng memiliki kebutaan parsial (Buta warna)
Banteng merupakan binatang yang memiliki kebutaan parsial yaitu yang tidak dapat membedakan warna atau buta warna. Kebutaan ini disebabkan oleh tidak lengkapnya sel fotreseptor pada mata banteng. Jadi dapat dikatakan bahwa banteng tidak dapat membedakan wanra merah dengan warna yang lainnya. Akan tetapi mengapa banteng manjadi marah dan menyeruduk kain merah yang dipegang oleh matador? Itu karena banteng marah melihat lambaian tangan dari sang matador bukanya karena warna kainnya yang berwarna merah.

Penelitian menurut discovery channel
Ada penelitian dan juga pengujian yang telah dilakukan oleh discovery cahnnel pada tahun 2007 terhadap perilaku banteng. Penelitian tersebut menggunakan tiga subjek yaitu :

  • Meletakkna bendera merah, birum dan juga putih di dalam kandang banteng. Hasilnya adalah banteng menyerang ke tiga bendera tersebut hal ini membuktikan bahwa banteng tidak hanya menyerang warna merah saja.
  • Meletakkan boneka berbaju merah, biru dan juga putih di dalam kandang banteng. Hasilnya banteng juga menyerang ke tiga boneka tersebut tanpa memperdulikan warna dari baju yang dikenakan oleh ke tiga boneka tersebut.
  • Menempatkan tiga orang dalam kandang banteng dengan aturan orang pertama menggunakan baju merah namun tidak bergerak sama sekali, orang kedua dan ketiga memakai baju biru dan juga putih dan mereka harus melakukan gerakan dalam kandang tersebut. Dan hasilnya adalah banteng hanya menyerang ke dua orang tersebut yang menggunakan baju putih dan biru dan mengabaikan orang yang diam yang menggunakan baju merah.

Jadi dari tiga pengamatan tersebut menyimpulkan bahwa banteng memang benar-benar tidak dapat membedakan warna dan banteng juga menyerang bukan karena warna yang ada akan tetapi lebih karena gerakan yang ada. Itulah mengapa banteng menyerang matador yang menggerak-gerakkan kain merah, bukan karena kainnya namun karena gerakan dari kain tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Banteng Mengamuk Ketika Melihat Sesuatu yang Berwarna Merah?"

Posting Komentar