Menu Andalan Nabi Saat Berbuka Puasa

Menu Andalan Nabi Saat Berbuka Puasa-Tahukah anda ternyata Nabi memiliki kebiasaan saat berbuka puasa. Nabi memiliki kebiasaan mengkonsumsi menu buka puasa yang sederhana dan tentunya bagus bagi tubuh. Berbeda dengan kita yang biasanya langsung mengkonsumsi makanan yang berat2 dan cenderung kurang sehat bagi tubuh. Ada 3 menu buka puasa sesuai anjuran Nabi yang bisa kita jadikan contoh atau bisa kita jadikan  alternatif menu berbuka. Saat berbuka puasa nabi biasanya menyantap Kurma muda (ruthob) jika tidak ada nabi akan menyantap kurma kering (tamr) dan air putih. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Abu Daud dan Ahmad Syaikh Al Albani, berikut penjelasannya:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air."

(HR. Abu Daud dan Ahmad. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).
Menu Andalan Nabi Saat Berbuka Puasa
Menu Andalan Nabi Saat Berbuka Puasa

Kurma muda (Ruthob)
Kurma muda atau ruthob memiliki ciri tekstur renyah, crunchy dan manis. Kandungan yang terdapat di dalamnya ada vitamin A, Vitamin B, Kalsium, zat besi dan berbagai kandungan lainnya yang bermanfaat. Fungsi dari mengkonsumsi kurma muda adalah sebagai pemberi sumber energi instan yang pastinya sangat cocok buat orang yang sedang berbuka. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, mengandung antioksidan, baik bagi ibu hamil, membantu mencegah stroke dan jantung koroner. 

Kurma kering (Tamr)
Kurma kering adalah kurma yang sering kita konsumsi dan banyak beredar di toko sehingga untuk mencarinya tidaklah susah, berbeda dengan kurma muda yang memang masih jarang dan juga harganya yang masih mahal. Kurma ini memiliki manfaat untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang baru buka puasa. Selain itu juga kurma kering bagus untuk menguatkan rahim.

Air Putih
Air putih tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh apalagi untuk orang yang berbuka puasa. Karena tubuh orang yang berpuasa membutuhkan banyak cairan sehingga dengan mengkonsumsi air putih saat berbuka akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Nah itu dia tiga menu berbuka yang sering dikonsumsi oleh Nabi, Kalau sobat dirumah menu berbukanya apa saja nih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menu Andalan Nabi Saat Berbuka Puasa"

Posting Komentar