Mengenal Daun Ajaib dari Indonesia Timur

Mengenal Daun Ajaib dari Indonesia Timur- Indonesia bagian timur sudah terkenal dengan kekayaan alamnya mulai dari gunung hingga pantainya. Namun ada satu kekayaan alam yang mungkin masih banyak orang belum mengetahuinya. Namanya adalah daun gatal atau nama latinnya adalah Laportea Ducumana yang termasuk dalam keluarga tanaman perdu (Urticacaey). Di Indonesia Timur khususnya Papua dan Maluku daun ini sudah umum digunakan karena banyak tumbuh liar.
 
Mengenal Daun Ajaib dari Indonesia Timur
Mengenal Daun Ajaib dari Indonesia Timur
Daun gatal ini memiliki ciri yaitu : Memiliki panjang sekitar 20 cm dengan lebar 15cm. Ujung daun meruncing dan bagian pangkalnya membulat. Warna daunnya hijau tua, dan di bagian tengahnya berwarna lebih muda. Permukaan daun bagian atas dan bawah tidak rata, dengan bulu-bulu kecil serupa jarum. 

Mengapa daun ini dikatakan ajaib dan unik? Karena seperti namanya daun ini memang akan menimbulkan efek gatal saat terkena kulit, apalagi bagi mereka yang belum pernah merasakan sensasi gatal dari daun ini sebelumnya. Namun di balik efeknya tersebut, ternyata daun gatal memiliki beberapa khasiat salah satunya adalah mengatasi pegal. Caranya adalah dengan menempelkan daun gatal pada bagian tubuh yang terasa pegal, setelah itu kulit akan terasa beda dan aneh. Ada yang mengatakan sensasinya seperti sedang terkena gigitan semut. Setelah merasakan sensasi tersebut selanjutnya bagian yang terasa pegal tadi akan terasa lebih nyaman dan juga lemas seperti habis di rendam di air garam.

Untuk saat ini memang daun ini masih digunakan sebatas pemakaian luar. Namun sebuah riset kecil dari mahasiswa Indonesia pernah menemukan informasi bahwa daun gatal berpotensi menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli.

Mungkin dengan penelitian lebih lanjut, daun gatal ini bisa saja memiliki fungsi yang lebih dari yang sekarang kita ketahui, untuk itu diperlukan riset yang lebih jauh dan mendalam mengenai daun ajaib yang banyak ditemukan di Indonesia Timur ini.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengenal Daun Ajaib dari Indonesia Timur"

  1. orang jawa bilang ini namanya "ngingas, ingas atau ngengas" biasa dipakai orang usil menaburkan daun di hulu sungai, ntar yang mandi di arus bawah pasti pada nangis, bukan bulunya yang bikin gatal tapi getah daunnya bikin gatal2 enak

    BalasHapus