Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Tubuh Kita - Berbicara mengenai kesehatan, ternyata aktifitas kerohanian seperti berdoa juga bisa berpengaruh pada kesehatan kita. Hal ini senada dengan penelitian terbaru  dimana, praktik kerohanian dan agama bisa mengusir depresi dan menjauhkan sesorang dari berbagai penyakit. Penelitian yang dilakukan Lisa Miller, profesor sekaligus direktur Clinical Psychology dan direktur Spirituality Mind Body Institute di Teachers College, Columbia University dan telah diuji coba 103 orang yang berisiko tinggi mengalami depresi. Tingkat resiko tersebut ditentukan berdasarkan sejarah keluarga mereka. Lisa menemukan bahwa orang-orang yang menjunjung tinggi agama mereka dan berdoa secara teratur memiliki korteks lebih tebal dibandingan dengan mereka yang tidak. Penipisan korteks, khususnya pada bagian tertentu di otak merupakan indikator semakin memburuknya kesehatan, terutama karena depresi.

Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Lapisan Korteks yang lebih tebal mengindikasikan bahwa peluang orang tersebut menderita depresi lebih kecil sehingga menunjukkan bahwa doa dan keagamaan atau kerohanian benar-benar mengasilkan beberapa manfaat luar biasa bagi otak manusia. Penelitian itu merupakan satu dari beberapa penelitian lain yang juga pernah membuktikan hal yang serupa. Nah dari semua penelitian tersebut di dapat beberapa kesimpulan mengenai manfaat berdoa bagi kesehatan tubuh. Ini di beberapa manfaat berdoa bagi kesehatan tubuh.

1. Mengurangi Peluang Anda Menderita Depresi dan Kegelisahan
Ternyata berdoa juga dapat mengurangi depresi dan kegelisahan anda. Hal ini senada dengan penelitian yang dilakukan di Inggris, yang diterbitkan oleh British of Journal Psychology. Penelitian tersebut menemukan bahwa kita akan cenderung merasa positif dan tidak tertekan jika berdoa di tempat ibadah.

2. Membebaskan Diri Anda dari Stress
Ternyata dengan berdoa juga dapat mempengaruhi kondisi pikiran anda, selain itu juga dapat membuat anda lebih rileks dan dengan demikian akan mengurangi efek stres terhadap berbagai organ tubuh. Berdoa tidak hanya dapat bermanfaat untuk mengurangi stres mental tapi juga membantu memerangi stres fisik dan bahkan meredakan reaksi emosional anda terhadap stres tersebut.

3. Membantu Mengatasi Serangan Emosional
Tidak hanya mengurangi peluang menderita depresi dan kegelisahan atau membebaskan diri dari stres, akan tetapi berdoa juga dapat membantu mengatasi serangan emosional. Berdoa sendiri sangat bermanfaat dalam memberikan kekuatan untuk mengatasi stres yang anda alami dari hari ke hari. Dengan berdoa dapat memungkinkan anda untuk merenung sendirian, sehingga anda bisa berfikir lebih fokus terhadap diri sendiri serta mengurangi tekanan mental.

4. Menjauhkan dari Segala Penyakit yang Berhubungan dengan Stres
Beberapa daftar penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, darah tinggi, maag dan migrain diyakini dapat menyerang karena akibat dari stres. Menurut ahli terapi alternatif, stres merupakan alasan utama terjadinya penumpukan racun di dalam tubuh, yang mana tidak hanya akan mengarah kepada penyakit koronis seperti diabetes akan tetapi penyakit kanker juga.

5. Membuat Anda Menjadi Orang yang Lebih Baik
Aktifitas keagamaan seperti halnya berdoa bisa membantu mengurangi tingkat ego seseorang dengan cara mempengaruhi bagian otak yang berhubungan dengan emosi tersebut. Oleh sebab itu, berdoa dapat membuat anda lebih rendah hati, mengurangi keserakahan dan membantu membentuk anda menjadi orang yang lebih baik.

6. Membuat Anda Lebih Bahagia
Fakta yang di dapat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Andrew Newberg dari Department od Psychiatry di University of Pennsylvinia adalah, bahwa berdoa bisa meningkatkan kadar dopamine atau hormon gembira di otak anda, sehingga dapat membuat anda lebih bahagia dan damai.

7. Menjauhkan Berbagai Penyakit
Berdoa bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dimana dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berdoa juga berguna mengurangi gejala sakit asma. Dan penelitian mengenai hal ini masih terus dilakukan hingga sekarng ini.

8. Baik Bagi Kesehatan Jantung
Berdoa ternyata memiliki dampak yang baik bagi jantung anda. Berdoa dikenal mampu mempercepat pemulihan jantung setelah terjadinya serangan jantung dan operasi. Selain itu juga berdoa juga dapat membantu mengatur detak jantung anda, membuatnya lebih kuat dan menguasai tekanan.

9. Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa berdoa dapat membantu mempercepat menyembuhkan luka pasca operasi. Hal ini karena jika anda sedang merasa tertekan, tubuh memfokuskan seluruh upayanya untuk menyeimbangkan diri, sehingga mengakibatkan kurangnya sumber daya untuk menyembuhkan luka.

Itulah beberapa manfaat berdoa bagi kesehatan tubuh kita. Terlepas dari apa kepercayaan anda, yang pasti sebagai mahkluk yang percaya akan keberadaan Sang Pencipta pastinya kita harus sering berdoa karena dengan berdoa tidak saja kita dapat berkomunikasi dan dapat mendekatkan diri dengan Tuhan, akan tetapi juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Itu dia artikel yang bisa saya bagikan untuk anda semua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa memberikan sedikit info yang berguna, makasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Tubuh Kita"

Posting Komentar