Suparwono Masih Menjadi Manusia Tertinggi di Indonesia

Suparwono Masih Menjadi Manusia Tertinggi di Indonesia - Pastinya setiap orang ingin memiliki tubuh yang tinggi, akan tetapi bagaimana rasanya jika anda menjadi orang tertinggi di Indonesia? Mungkin pertanyaan tersebut dapat kita tanyakan pada sosok Suparwono. Suparwono merupakan orang tertinggi di Indonesia dengan tinggi mencapai 242 cm.

Suparwono Masih Menjadi Manusia Tertinggi di Indonesia
Suparwono Masih Menjadi Manusia Tertinggi di Indonesia


Awalanya pria yang merupakan warga SP 8 desa Tri Tunggal Jaya, Gunung agung, Tulang Bawang Provinsi Lmpung ini berharap bisa mencatatkan namanya dalam Guinness Book of Record sebagai manusia tertinggi di dunia. Akan tetapi Suparwono masih kalah dengan Sultan Kosen, yaitu pria asal Turki yang memegang rekor sebagai manusia tertinggi di dunia dengan tinggi 247 cm setelah berhasil mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yaitu Bao Xishun yang berasal dari Cina dengan tinggi 236, cm. Itu artinya Suparwono kalah tinggi 5 cm dari Sultan Kosen.

Sebelum diukur oleh MURI (Musem Rekor Indonesia) Suparwono dikabarkan memiliki tinggi 270 cm yang mana jauh lebih tinggi dari Sultan Kosen. Bahkan ada beberapa sumber juga yang mengatakan bahwa Suparwono memiliki tinggi hingga 271. Namun dari hasil pengukuran resmi yang dilakukan oleh Musem Rekor Indonesia menunjukkan hasil yang berbeda. Setelah melakukan pengukuran di Jakarta yang dihadiri langsung oleh Jaya Suprana (pemimpin dari Muri) ternyata tinggi Suparwono hanya 242 cm.

Dengan begitu tentunya Suparwono masih belum dapat dicatat sebagai manusia tertingi dalam Guinness Book Of World Records. Akan tetapi walaupun begitu Suparwono tetap berhak mendapatkan predikat sebagai manusia tertinggi di Indonesia. Menurut tim dari Museum Rekor Indonesia, timnya telah melakukan pengukuran terhadar Suparwono dengan berbagai posisi baik berbaring maupun berdiri dan hasilnya adalah dia memiliki tinggi tubuh 242 cm, walaupun mereka telah menerima laporan yang menunjukkan hasil pengukuran yang dilakukan dirumah sakit bahwa Suparwono memiliki tinggi 271 cm. Tetapi Muri tetap berpegang pada hasil yang mereka dapa.

Suparwono mengatakan bahwa dia bangga dengan tinggi tubuh yang dimilikinya walaupun ukuran tubuhnya tersebut sebenarnya juga menimbulkan masalah karena dia tidak dapat hidup seperti orang normal. Menurut pria yang pernah menjadi pemain basket di salah satu klub di Surabaya tersebut masalah yang dia hadapi dengan tinggi badan yang dimilikinya adalah ia susah masuk kendaraan umu, susah mencari ukuran sepatu dan pakaian yang sesuai dan ternyata dia memiliki ukuran sepatu 64. Suparwono sendiri baru menyadari memiliki ukuran tubuh yang berbeda ketika memasuki usia 10 tahun diama dia sudah menjadi siswa tertinggi di sekolah dan juga di desanya.

Namun sayang saat ini Suparwono sudah meninggal dan diduga karena terkena serangan jantung. Walaupun begitu dia tetap masih memegang rekor manusia tertinggi di Indonesia bahkan Asia Tenggara.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Suparwono Masih Menjadi Manusia Tertinggi di Indonesia"