Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan - Buah dengan nama latin (Citrullus lanatus) dan termasuk dalam suku timun-timunan (Cucurbitaceae) ini merupakan tanaman jenis rambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Semangka sering dipanen buahnya untuk dikonsumsi langsung maupun untuk dijadikan jus. Buah semangka memang memiliki rasa yang manis dan sangat segar, apalagi jika dikonsumsi pada siang hari pada saat musim panas. Sudah terbayangkan betapa segarnya buah tersebut. Buah semangka memiliki warna buah berwarna merah namun ada juga yang berwarna kuning. Buah ini kuga memiliki banyak biji di dalam daging buahnya sehingga tidak heran jika kita sedang menyantap buah yang satu ini pasti juga kita akan menyantap bijinya. Akan tetapi ada beberapa buah semangka yang memiliki biji buah yang sedikit sehingga lebih nikmat lagi saat di makan. 

Nah itu dia sedikit pengenalan tentang buah yang satu ini, saya yakin anda semua pasti sudah sangat tidak asing bukan dengan buah yang satu ini. Setelah sedikit menjelaskan tentang buah semangka tersebut kali ini saya akan masuk pada topik utama kita yaitu membahas tentang manfaat buah semangka bagi kesehatan. Ini dia beberapa manfaat buah semangka yang sangat baik bagi tubuh kita 

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan


  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Stroke. Buah semangka mengandung kalium yang mana kalium ini sangat berperan dalam menurunkan tekanan darah. Tidak hanya kalium, buah semangka juga mengandung karetenoid yang mana karetenoid ini dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembulu vena sehingga dapat mengurangi tekanan darh. Manfaat ini semangka ini akan sangat terasa jika kita sering mengkonsumsinya, seperti menggunakannya untuk hidangan penutup atau pencuci mulut.
  2. Mencegah Sariawan. Ternyata tidak hanya buah-buah yang cenderung kecut saja yang bisa membantuk mencegah sariawan loh. Buah dengan rasa manis dan segar seperti semangka ini ternyata juga bisa untuk mencegah sariawan loh. Kandungan air dan vitamin yang banyak terkandung di dalam buah semangka inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karen pada dasarnya sariawan itu muncul atau timbul karena adanya bakteri yang berkembang di dalam mulut dan bakteri tersebut akan berkembang sangat baik jika mulut kita kerkurangan air, maka dari itu dengan kandungan air yang banyak dari buah semangka bisa mencegah bakteri untuk berkembang.
  3. Sebagai Antioksidan. Buah semangka ini mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen sendiri merupakan senyawa antioksidan yang sangat berpotensi untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas ini bisa berasal dari polusi, pola makan dan daya tahan tubuh yang menurun. Hal inilah yang menyebabkan tubuh kita mudah terserang penyakit dan juga radikal bebas inilah merupakan awal dari munculnya penyakit kanker.
  4. Menjaga Kesehatan Ginjal. Kandungan kalium yang tinggi pada buah semangka dapat membatu untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Kalium yang terdapat pada buah semangka ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selaini itu juga buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan ginjaldan pembentukan batu ginjal.
  5. Alternatif Makanan Rendah Gula Bagi Penderita Diabetes. Walaupun buah semangka memiliki rasa yang manis, akan tetapi kandungan gula yang terdapat pada buah ini relatif rendah. Selain memiliki kandungan gula yang relatif rendah sehingga sangat baik bagi penderita diabetes, buang semangka juga memiliki manfaat lainya yaitu mampu merangsang produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.


Itulah beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh kita. "Sudah enak bermanfaat pula" mungkin ini kata yang tepat buat buah yang satu ini makanya tidak heran jika sedang ada acara biasanya buah yang disguhkan adalah buah semangka. Nah semoga beberapa manfaat yang telah saya sebutkan di atas bisa memberikan anda wawasan dan pengetahuan dan juga semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan"

Posting Komentar