Bahaya Terlalu Sering Keramas

Bahaya Terlalu Sering Keramas - Bagi kita yang tinggal di daerah tropis biasanya hampir sering sekali mencuci rambut atau keramas karena kita sering sekali merasa gerah. Namun ternyata menurut laporan sebuah produsen sampo yang bernama Procter & Gamble di Amerika rata-rata orang keramas 4,95 kali seminggu dan jumlah ini jauh lebih banyak dan lebih sering dibandingkan dengan orang Spanyol dan juga orang Italy. 

Bahaya Terlalu Sering Keramas
Bahaya Terlalu Sering Keramas


Padahal menurut pakar kesehatan kulit dan juga penata rambut, jika kita terlalu sering keramas atau mencuci rambut kita, maka kita akan kehilangan manfaat minyak rambut alamiah yang dikenal dengan nama "sebum" dan juga jika kita terlalu sering keramas maka dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut. 

Sebenarnya kebiasaan terlalu sering berkeramas dan mencuci rambut diakibatkan oleh iklan shampo yang banyak bertebaran. Dimulai pada sebuah artikel yang dimuat di harian Ney York Times pada 10 Mei 1908. Artikel itu menulis sebuah berita yang menyarankan wanita untuk keramas setiap 2 minggu sekali. Padahal waktu itu kebanyakan orang hanya keramas sekali dalam sebulan. 

Hingga akhirnya muncullah sebuah iklan di televisi yang mana semakin agresif dalam hal menual shampo. Menurut iklan-iklan tersebut mencuci rambut atau keramas setiap hari tidaklah masalah. Dan yang menambah keyakinan orang-orang pada waktu itu adalah penggunaan model dalam iklan shampo tersebut yang mana menggunakan model wanita cantik dengan rambut panjang bergelombang dan cantik.

Seorang ahli kesehatan kulit yang berasal dari Universitas Colombia bernama Michelle Hanjani mengatakan bahwa " jika kamu keramas setiap hari, maka kamu akan menghanyutkan minyak yang diproduksi oleh rambut, akibatnya kelenjar minyak justru akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengganti sabum yang hanyut tersebut". Nah hal itulah yang justru dapat mengakibatkan rambut berminyak dan dapat mengakibatkan ketimbe dan juga kerontokan.

Michelle juga menyarankan untuk berkeramas tidak lebih dari 2 atau 3 kali setiap minggunya. Bahkan bagi orang yang memilikimrambut ikal dan juga keriting lebih boleh berkeramas lebih jarang dibandingkan dengan mereka yang memiliki tambut lebih lurus. Untuk itu berikut ada beberapa tips cara membersihkan rambut berkeramas dengan baik dan benar.

Cara Berkeramas yang Benar
  • Sisir rambut sebelum kermas agar tidak ada lagi rambut yang kusut.
  • Basahi rambut dengan air hangat, bukan air panas.
  • Tuangkan sedikit shampo ke telapak tangan.
  • Gosok hingga shampo tersebut mengeluarkan busa.
  • Usapkan shampo tersebut mulai dari garis rambut ke kening kemudian ke ubun-ubun dan bagian belakang kepala.
  • Pijat-pijat rambut menggunakan bantalan jari dengan gerakan memutar selama kurang lebih 1 menit.
  • Bilas rambut dan gunakan jari anda untuk memisah-misahkan rambut sehingga shampo terbilas rata.
  • Bilas sampai bersih karena shampo yang tertinggal di kulit kepala dapat menyebabkan gatal-gatal.

Itulah info mengenai bahaya terlalu sering keramas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya sobat dan ingat jangan terlalu sering keramas apalagi sobat botak kan g efek hehehe.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Terlalu Sering Keramas"

Posting Komentar