Cara Mudah Belajar Main Gitar

Cara Mudah Belajar Main Gitar - Untuk dapat memainkan gitar hal yang paling penting adalah kekuatan jari, karena semua kunci maupun chord yang dimainkan sangat bertumpu pada kekuatan jari saat menekan. Mungkin kalian pernah melihat beberapa pemain gitar handal semacam Joe Satriani maupun Steve Vai yang mamainkan gitar dengan mudahnya. Padahal untuk dapat mencapai ke tahap seperti mereka memerlukan waktu bertahun-tahun. Hal pertama yang harus dikuasai untuk dapat mudah belajar bermain gitar adalah  mengetahui kunci atau chord gitar. Anda dapat mempelajarinya disini .

Cara Mudah Belajar Main Gitar
Cara Mudah Belajar Main Gitar

Cara Mudah Belajar Main Gitar


Kunci atau chord gitar merupakan kombinasi dari tiga atau lebih pitches yang terdengar bersamaan. Untuk dapat memainkan dan menghasilkan chord anda cukup dengan menekan senar yang ada pada gitar. Chord gitar yang paling sederhana adalah seperti C Mayor dan juga A minor. Untuk akord mayor biasanya cukup ditulis dengan huruf kapital saja, misalnya C mayor maka cukup ditulis dengan C. Sedangkan akord minor ditulis dengan menambahkan huruf m setelah huruf kapital seperti Cm. Untuk dapat memainkan chord dengan benar yang harus anda perhatikan adalah stelan gitar anda. Anda harus meyetel stelan gitar anda terlebih dahulu sesuai dengan standar tuning yang ada. String terberas atau senar 6 sama dengan string terkecil atau senar 1 memiliki nada yang sama yaitu nada E. Sedangkan senar yang lain mulai dari senar 2-3-4-5 adalah B-G-D-A jadi urutanya adalah E-B-G-D-A-E.
Kunci Minor

Kunci Major

Chord progresion merupakan rangkain akord musik atau chord perubahan yang memiliki tujuan untuk membangun suatu jembatan nada sehingga saat melakukan perpindahan kunci terjadi sebuah harmonisasi nada yang indah. Contohnya Chord C dan juga Am, untuk membuat sebuah chord progresion antar C dan Am maka kita harus membuat sebuah akord jembatan untuk menghubungkan kedua chord tersebut agar terdengar lebih harmonis. Sehingga kita bisa menambahkan chord G dan juga F sehingga membentuk pola seperti ini C-G-Am-F. Jadi Pada kasus tersebut chord G dan juga F merupakan chord progresion sebagai penghubung chord C dan juga Am.

Tips Cara Mudah Belajar Main Gitar


  1. Posisi Jari. Untuk dapat memainkan akord yang baik anda harus memperhatikan posisi jari agar dapat menekan senar dengan benar dan juga tepat.
  2. Mulai Dengan belajar Chord
  3. Setelah bisa 2 atau 3 chord mulai belajar memainkan lagu yang mudah 
  4. Latihan dengan intens
  5. Memilih gitar yang tepat
  6. Gunakan metronom untuk belajar tempo
  7. Pilih senar yang tepat


Itu adalah beberapa cara dan juga tips untuk belajar memainkan gitar dengan mudah. Ada banyak sekali tutorial bagaimana cara cepat untuk dapat memainkan gitar, akan tetapi semua kembali pada mereka yang sedang ingin belajar bermain gitar, sejauh mana keseriusan dan niat mereka untuk bisa menguasai gitar. Cara Mudah Belajar Main Gitar

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mudah Belajar Main Gitar"

  1. JASA INSTRUMENTALIA SOLO GITAR PROFESIONAL BERPENGALAMAN
    Menerima panggilan permainan Solo Gitar pop untuk :
    -Event
    -Party
    -Wedding
    -Reguler

    Menyediakan Duet Gitar Dengan : Biola,Flute & Clarinet

    Menerima Aransemen Solo Gitar

    Siap Melayani Privat/Less Gitar untuk anak-anak hingga dewasa,Guru siap datang kerumah Sejabodetabek.
    Kunjungi: http://erikchairianda.blogspot.com/
    Hub. Chairianda di 0815-925-2005 / 0812-1306-8168
    BBM 5240B441

    BalasHapus