Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Mood atau yang biasa kita kenal dengan istilah suasana hati ternyata dapat juga dipengaruihi oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tentunya makanan yang sehat biasanya akan membuat mood menjadi lebih positif karena makanan yang sehat cenderung dapat membuat hati menjadi tenang dan emosi menjadi lebih stabil. Namun hal tersebut bisa berubah pada saat kita mengkonsumsi makanan yang kurang sehar. Berikut ada beberapa jenis makanan yang mempengaruhi suasana hati seseorang.

Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati
Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Makanan yang dipanggang
Biasanya makanan yang cara penyajiannya di panggang sangat dimungkinkan mengandung margarine, minyak sayur olahan, tepung putih, gula, hingga zat pengawet dan juga aditif. Bahan-bahan ini tidak sehat dan mekanannya mengandung sangat banyak lemak trans. Selain dapat meningkatkan risiko jantung koroner, makan makanan yang dipanggang juga membuat sikap seseorang menjadi lebih agresif (menurut study di Universitas California tahun 2012).
makanan panggangan-Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati
Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Roti Putih
Roti putih disini adalah roti yang memiliki warna putih atau pucat seperti roti tawar. Sebetulnya roti tawar ini kuran baik untuk tubuh karena adanya kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi pada roti tersebut membuat mood menjadi cenderung negatif. Selain itu juga roti putih akan meningkatkan kadar gula darah secara cepat namun dapat turun dengan perlahan. Akibatnya akan membuat anda menjadi cepat capek. Sebaliknya jika darah terlalu rendah malah akan bisa membuat mood menjadi seperti mudah marah, depresi hingga pusing.
roti tawar-Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati
Roti tawar-Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Kacang almond
Berbeda dengan makanan panggangan dan juga roti putih yang mana dapat membuat mood anda menjadi jelek, maka dengan mengkonsumsi almond justru akan memperbaiki mood anda. Di dalam kacang almond terdapat kandungan tirosin dan juga asam folat yang tinggi dimana keduanya dapat meningkatkan dopamin yang mempengaruhi peningkatan suasana hati. Dopamin berkurang saat orang stres dan almond sangat cocok dimakan saat seseorang merasa stress.
kacang-almond Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati
Kacang almond-Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Biji Chia
Di dalam biji chia terdapat kandungan tripofan. Tripofan merupakan asam animo esensial yang membuat mood menjadi positif dan dapat memperbaiki konsentrasi. Biji ini juga mendorong stabilnya gula darah. 
biji chia-Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati
Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Makanan yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati"

Posting Komentar