Fakta Mengejutkan Mengapa Orang Sering Menguap

Menguap merupakan tindakan refleks yang pastinya terjadi pada smeua orang, biasanya dilakukan dengan menghirup udara dalam jumlah banyak dan diikuti dengan pernapasan. Banyak yang mengaitkan menguap ini dengan stres, kelelahan, terlalu banyak kegiatan, bosan dan juga mengantuk, padahal menguap juga bisa terjadi akibat ada kelebihan karbondioksida atau kelangkaan oksigen dalam aliran darah. 

Fakta Mengejutkan Mengapa Orang Sering Menguap
Fakta Mengejutkan Mengapa Orang Sering Menguap


Ada beberapa fakta mengejutkan mengenai alasan mengapa orang sering menguap. Misalnya saja jika anda sering menguap pada siang hari, padahal malamnya anda sudah tidur cukup selama 8 jam, maka bisa jadi hal tersebut adalah alarm atau sinyal yang dikirim oleh tubuh bahwa sebenarnya anda sedang memiliki masalah pada kesehatan anda. Faktanya menguap bukan berarti selalu anda sedang merasa ngantuk atau kurang tidur. Bisa saja hal tersebut terjadi karena bosan atau anda sedang menghadapi topik pembicaraan yang tidak menarik. Ada juga beberapa alasan kesehatan lainnya yang membuat orang menjadi sering menguap.

Masalah Jantung
Saat sedang menguap maka tubuh akan membuat aliran darah ke arteri jadi lebih deras dan meningkatkan suplai darah segar ke dalam otak. Jika anda sering menguap, bisa jadi hal tersebut sebagai sinyal alarm dati tubuh yang ingin memberitahukan bahwa fungsi jantung dalam memompa darah sedang sedikit mengalami gangguan.

Masalah Liver (Liver)
Selain memiliki masalah pada jantung, jika anda termasuk orang yang memiliki frekensi menguap sangat sering padahal anda sedang tidak dalam posisi lelah, maka hal tersebut bisa jadi sebuah tanda bahwa anda sedang memiliki masalah pada liver anda. Cobalah untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Masalah Otak
Dari beberapa hasil penelitian yang lainnya juga menunjukkan bahwa penderita yang mengalami lesi di batang otak juga akan mengalami kondisi menguap yang terus menerus. Hal ini biasanya terjadi pada pasien radang otak yang disebabkan stroke.

Multiple Sclerosis
Penderita muliple sclerosis biasanya mengalami keseulitan atau ketidakmampuan dalam mengontrol suhu tubuh disfungsi thermoregualtory. Karena itu maka akan membuat mereka secara refleks menguap untuk menurunkan suhu tubuh.

Selain hal di atas, ada penyebab lainnya yang dapat membuat orang menjadi sering menguap yaitu konsumsi obat seperti obat antihistamin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Mengejutkan Mengapa Orang Sering Menguap"

Posting Komentar