Jangan Cabuti Bulu Hidung Anda, Ini Alasannya

Banyak sekali orang yang memiliki kebiasaan mencabuti bulu hidungnya dan kebanyakan adalah seorang pria. Nah jika anda merupakan salah satunya maka sebaiknya anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut. Walaupun mungkin kebiasaan tersebut cukup menyenangkan untuk anda, akan tetapi hal tersebut ternyata juga bisa merugikan kesehatan diri sendiri. Mengapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan akar dari bulu hidung yang ditarik secara paksa akan tercabut sehingga akan menimbulkan luka. Walaupun lukanya cuma kecil, akan tetapi hal tersebut memiliki potensi terjadinya bisul atau nyeri yang berkepanjangan. Bahkan luka tersebut juga dapat menimbulkan infeksi dan ada resiko terjadinya peradangan yang dapat membahayakan.

Jangan Cabuti Bulu Hidung Anda, Ini Alasannya
Jangan Cabuti Bulu Hidung Anda, Ini Alasannya

Tidak hanya itu saja, fungsi dari bulu hidung juga adalah untuk menyaring atau memfilter berbagai macam kotoran yang hendak masuk ke dalam hidung. Jadi, jika anda sering mencabutnya maka fungsi tersebut pastinya akan terganggu. Coba anda perhatikan saat anda berada pada lingkungan yang berdebu, biasanya saat sedang berada pada lingkungan yang berdebu respon untuk menghambat debu masuk ke saluran pernapasan adalah dengan bersin dan mengeluarkan lendir di hidung. Dan itu adalah salah satu fungsi bulu hidung untuk mendeteksi adanya kotoran dan memicu bersin.

Namun jika bulu hidung tersebut sudah hilang maka debu akan dengan mudah lolos masuk ke dalam saluran pernapasan dan akan membahayakan. Karena debu yang masuk ke dalam saluran pernapasan tersebut akan menginfeksi paru-paru karena banyaknya kotoran, bakteri dan juga debu yang masuk ke dalam paru-paru.

Untuk itu solusinya, daripada anda mencabut bulu hidung anda yang panjang keluar dari lubang hidung. Sebaiknya anda memotong dengan menggunakan gunting. Namun jangan terlalu berlebihan juga agar tidak mengganggu fungsi dari bulu hidung tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Cabuti Bulu Hidung Anda, Ini Alasannya"

Posting Komentar