Lima Provinsi dengan UMP Tertinggi di Indonesia

Lima Provinsi dengan UMP Tertinggi di Indonesia - Upah minimum provinsi atau yang disingkat dengan UMP merupakan upah minimum yang berlaku untuk seluruh kabupaten/kota di seuatu provinsi. Dahulunya UMP dikenal dengan sebutan Upah Minimum Regional Tingkat I, yang mana penetapan UMP ini sendiri ditetapkan oleh Gubernur dengan memperhatikan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi. Untuk itulah UMP setiap provinsi memiliki nilai yang berbeda-beda tergantung dengan situasi dan juga kondisi yang ada pada provinsi tersebut. Pada tahun 2015 kemarin terjadi kenaikan UMP secara nasional mencapai 12,77% dan masih digunakan hingga saat ini. Angka ini sekitar 99,53 % dari rata-rata komponen hidup layak (KHL) Nasional yang dipatok Rp1,81 juta rupiah. Lalu mana saja provinsi yang memiliki UMP tertinggi di Indonesia?

Lima Provinsi dengan UMP Tertinggi di Indonesia
Lima Provinsi dengan UMP Tertinggi di Indonesia

DKI Jakarta (Rp 2,7 Juta per bulan)
DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan nilai UMP tertinggi sebersar RP 2,7 juta per bulan. Angka tersebut naik sebesar 10,6 persen dari nilai sebelumnya yaitu Rp 2,441 juta. Angka ini tentunya lebih tinggi dari 6,38 persen dari KHL yang dipatok sebesar Rp 2,538 juta.

Papua (Rp 2,193 juta per bulan)
Pemerinta provinsi Papua memutuskan untuk menaikan UMP di Papua sebesar 7,5 persen sehingga menjadi Rp 2,193 juta dari yang sebelumnya sebesar Rp 2,04 juta. Angka ini juga lebih tinggi dari KHL yang ditetapkan yaitu sebesar Rp 2,171. 

Sulawesi Utara (Rp 2,15 juta per bulan)
Pemerintah provinsi Sulut menetapkan UMP sebesar Rp 2,15 juta atau naik sebesar 13,16 persen dari yang sebelumnya Rp 1,9 juta. Angka ini naik sebesar 30,94 persen di atas KHL yang berjumlah Rp 1,641 juta. 

Bangka Belitung (Rp 2,1 Juta per bulan)
UMP yang ditetapkan di provinsi bangka belitung adalah Rp 2,1 juta yang berarti mengalami kenaikan sebesar 28,05 persen dari yang sebelumnya sebesar Rp 1,64 juta. Angka ini juga lebih tinggi sedikit dari KHL Babel yang dipatok Rp 2,082 juta.

Kalimantan Timur (Rp 2,026 juta per bulan)
Upah minimun provinsi di Kalimantan Timur naik sekitar 7,41 persen menjadi Rp 2,026 juta dari yang sebelumnya Rp 1,886 juta. Tentunya angka ini setara dengan KHL yang dipatok pada provinsi tersebut.

Itulah provinsi dengan nilai Upah minumun provinsi tertinggi di Indonesia. Apakah Provinsi kamu tersemasuk salah satu yang tertinggi?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Provinsi dengan UMP Tertinggi di Indonesia"

Posting Komentar